Pengelola Wisata Gua Kiskendo Kulon Progo Keluhkan Sepi Pengunjung

Iwan Supriyatna | Hiskia Andika Weadcaksana
Pengelola Wisata Gua Kiskendo Kulon Progo Keluhkan Sepi Pengunjung
Ilustrasi sepasang wisatawan sedang berlibur. [Shutterstock]

Gua Kiskendo merupakan salah satu objek wisata di Desa Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo.

SuaraJawaTengah.id - Gua Kiskendo yang merupakan salah satu objek wisata di Desa Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo mencatat jumlah kunjungan wisatawan, baik turis mancanegara maupun domestik turun drastis sebagai dampak merebaknya virus Corona (Covid-19).

Pengelola Gua Kiskendo, Suisno mengatakan, bahwa dengan adanya corona ini kunjungan menjadi turun. Tidak hanya kunjungan ke Gua Kiskendo saja tapi termasuk dengan kunjungan wisata yang ke Desa Jatimulyo juga.

"Penurunan sangat drastis, pokoknya wisata untuk umum atau yang ada hubungan dengan wisata orang ke orang yang jelas mengalami penurunan secara drastis," kata Suisno, saat dihubungi Sabtu, (21/3/2020).

Ia menuturkan, bahwa jika perhari yang biasanya bisa mencapai 50-100 lebih orang, sekarang tinggal kurang dari 30 orang. Itu pengunjung yang dicatat untuk hari biasa.

Jika biasanya yang masuk ke Desa Jatimulyo dapat mencapai 500 orang, akhir-akhir ini menjadi kisaran 250 orang.

"Secara presentase ya memang turun hampir 60% kunjungan yang datang," tegasnya.

Suisno mengungkapkan bahwa belum ada imbauan terkait menutup objek wisata tersebut. Masih tetap sekadar imbauan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan diri untuk para wisatawan yang berkunjung.

Pihaknya sendiri sudah menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun di area Gua Kiskendo.

Gua beserta kisah-kisah yang menyertainya menjadi daya tarik terbesar obyek wisata ini. Gua Kiskendo konon sudah ditemukan 2 abad silam. Para leluhur terdahulu memanfaatkan untuk mencari ketenangan batin dan pencerahan lewat bertapa.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS