Pakai Masker Gambar Kumis, Walkot Solo: karena Banyak yang Minta Foto

Dwi Bowo Raharjo
Pakai Masker Gambar Kumis, Walkot Solo: karena Banyak yang Minta Foto
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmoko memakai masker bergambar unik. (YouTube/@tvOnews)

Rudy mengaku bakal mencetak kembali masker bergambar kumis itu dengan mulut tersenyum.

SuaraJawaTengah.id - Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, menjadi perbincangan warganet setelah mengenakan masker unik bergambar kumisnya sendiri. Foto tersebut belakangan viral di jagat maya.

Seperti diberitakan Solopos.com - jaringan Suara.com, Rudy - sapaan akrab Wali Kota Solo, mengaku mencetak sendiri masker bergambar kumis itu.

“Iya, gambar saya sendiri, karena saat saya mengantar pemudik pulang itu, banyak yang meminta foto bareng saya tapi maskernya dilepas karena enggak kelihatan kalau itu saya saat memakai masker," ujar dia.

Alhasil dia harus membuka tutup masker jika ada warga yang ingin berfoto bersama dirinya. Padahal, Pemerintah kekinian mewajibkan warga untuk menggunakan masker jika berpergian ke luar rumah.

"Kan jadi enggak bagus to padahal saya mewajibkan semua warga pakai masker saat kegiatan di luar rumah. Ya sudah, saya cetak sendiri sehingga masyarakat enggak perlu lagi minta saya lepas masker saat foto bersama,” kata Wali Kota Solo.

Rudy mengenakan masker dengan gambar kumis mulai Sabtu (6/6/2020). Dia memakai masker itu ketika mengantarkan pemudik yang rampung menjalani karantina mandiri di Dalem Joyokusuman.

Foto itu viral di media sosial, salah satunya di Twitter. Akun Twitter @alexjourneyID mengunggah foto Sang Wali Kota saat sebelum dan sesudah memakai masker kumis pada Senin (8/6/2020).

Sebelumnya, ucapan Do Manuto (patuhilah) yang digaungkan Rudy riuh hingga menjadikan tren baru tentang kepatuhan pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Sebelum mengenakan masker bergambar kumis, Rudy selalu memakai masker bergambar foto dirinya sendiri yang berucap Do Manuto. Masker Do Manuto itu viral hingga diproduksi massal oleh berbagai produsen masker.

”Sebenarnya tidak ada niatan mau bikin viral. Tapi budaya memakai masker di masa pandemi ini kalau dibikin menyenangkan pasti pada mau pakai masker,” ucapnya.

Rudy mengaku bakal mencetak kembali masker bergambar kumis itu dengan mulut tersenyum. Pasalnya, masker gambar kumis yang dipakainya itu sedang tidak tersenyum dan masyarakat memintanya mencetak yang sedang tersenyum.

“Ya nanti dicetak lagi. Harapan saya, masker menjadi budaya keseharian sampai penyakit ini [Covid-19] ada obatnya,” kata Rudy.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS