Tiga Obat Herbal Ampuh untuk Atasi Asam Urat, Bisa Beli di Pasar!

M. Reza Sulaiman | Shevinna Putti Anggraeni
Tiga Obat Herbal Ampuh untuk Atasi Asam Urat, Bisa Beli di Pasar!
Ilustrasi pisang obat herbal asam urat. (Shutterstock)

Penyakit asam urat atau gout bisa menyerang siapa saja, terutama Anda yang sudah berusia di atas 30 tahun.

SuaraJawaTengah.id - Penyakit asam urat atau gout bisa menyerang siapa saja, terutama Anda yang sudah berusia di atas 30 tahun.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan bahan-bahan rumahan yang dikenal ampuh sebagai obat herbal mengatasi asam urat. Apa saja?

1. Jahe

Jahe salah satu bumbu dapur yang dipercaya mampu mengurangi rasa sakit akibat asam urat. Studi lain juga menunjukkan jahe mampu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Caranya pun sangat mudah. Kita cukup memakai 1 sendok jahe parut yang direbus menggunakan air secukupnya sampai mendidih.

Setelah mendidih, rendam waslap dalam air rebusan jahe tersebut dan tempelkan di daerah yang sakit selama 15-30 menit setidaknya sehari sekali.

Selain cara itu, kita juga bisa meminum rebusan jahe sebanyak 3 gelas per hari agar pengobatan asam urat lebih maksimal.

2. Apel

Sebuah situs kesehatan telah menyatakan apel yang biasa dikonsumsi sebagai menu diet wanita juga bermanfaat untuk mengobati asam urat.

Memang belum ada penelitian yang mendukung bahwa apel bisa menyembuhkan asam urat. Tetapi, makan satu apel setiap harinya sangat baik untuk kesehatan dan mungkin saja bermanfaat mengatasi asam urat.

3. Pisang

Pisang yang kaya kalium cukup baik untuk mengatasi masalah asam urat sekaligus membantu jaringan serta organ tubuh berfungsi dengan baik.

Meski belum ada penelitian yang membuktikan pisang mampu mengobati asam urat. Konsumsi satu pisang setiap harinya cukup baik untuk kesehatan tubuh.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS