Tes Swab Massal, 8 Tenaga Medis Banyumas Positif Virus Corona

Pebriansyah Ariefana
Tes Swab Massal, 8 Tenaga Medis Banyumas Positif Virus Corona
Tenaga medis malaysia beri dukungan untuk garda depan Covid-19 Indonesia. (Twitter)

Pemkab Banyumas akan cari ibu hamil untuk dites.

SuaraJawaTengah.id - Setelah dilakukan test swab massal secara bertahap oleh Pemkab Banyumas yang dimulai pada tanggal 1 Juli lalu, akhirnya pada hari ini sudah keluar hasil. Berdasarkan hasil swab ada 8 orang tenaga kesehatan yang dinyatakan positif covid-19.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan hasil tersebut didapat setelah dilakukan penelusuran melalui test massal dari anggota dewan, Aparatur Sipil Negara dan juga tenaga kesehatan.

"Seperti sudah saya katakan dahulu, bahwa pemkab sudah menggelar test swab massal yang dimulai dari ASN, anggota dewan, tenaga kesehatan dan masyarakat umum. Dari test tersebut didapati 8 orang positif. Berasal dari tenaga kesehatan," kata Bupati Banyumas, Achmad Husein kepada wartawan di Banyumas, Selasa (7/7/2020).

Pemkab sendiri hingga saat ini telah melakukan sedikitnya 550 test swab massal. Pada hari pertama ada 200 peserta yang dilakukan test swab.

Kedelapan tenaga kesehatan yang positif tersebut merupakan test pada hari pertama.

"Jadi hari ini saja ada tambahan 8 positif, tapi itu adalah pencarian kita yang agresif terhadap orang tanpa gejala," jelasnya.

Ia meminta kepada warga agar tidak perlu khawatir jika beberapa hari kedepan akan ada tambahan pasien positif covid-19. Karena ia mengklim, hasil yang didapat adalah pencarian dan cara pemkab untuk melindungi masyarakat.

"Terutama orang-orang yang imunitasnya rendah seperti orang yang sudah sepuh, kemudian ibu hamil, lalu anak-anak di bawah umur. Itu yanh kemudian harus kita lindungi," ujarnya.

Selain itu Husein juga meminta kesadaran masyarakat untuk melaksanakan standar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Karena menurutnya gotong-royong di tengah masyarakat yang menjadi kunci keberhasilan melawan penyebaran virus covid-19.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS