Jokowi Kurban 2 Ton Sapi Jumbo di Masjid Besar Solo untuk Idul Adha

Pebriansyah Ariefana
Jokowi Kurban 2 Ton Sapi Jumbo di Masjid Besar Solo untuk Idul Adha
Ilustrasi sapi kurban Presiden Jokowi. Rika Daru Efendi, bersama Gombloh, sapi kurban pilihan Presiden Jokowi, dari Bantul, DIY. (Harianjogja.com/Jumali)

Salah satu sapi ada yang beratnya 1,03 ton atau 1.030 kilogram (kg). Sapi lainnya punya berat 930 kg.

SuaraJawaTengah.id - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kurban 2 ton sapi di Solo, Jawa Tengah untuk Idul Adha. Dua ekor sapi berukuran jumbo itu bakal diantarkan ke Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Masjid Al Wustho, Pura Mangkunegaran.

Salah satu sapi ada yang beratnya 1,03 ton atau 1.030 kilogram (kg). Sapi lainnya punya berat 930 kg.

Kasubag Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Kesra Setda Solo, Bambang Harjanto, mengatakan penandatanganan berita serah terima sapi kurban dari Presiden dilakukan Kamis (23/7/2020) pagi. Presiden mewakilkan Adun Rusnawan dari Sekretariat Presiden dalam penandatanganan tersebut.

“Berita acara diterima oleh Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo, Sekda Solo, Ahyani, dan Kabag Kesra, Danang Sulindriyanto,” kata dia, kepada wartawan, Kamis seperti dilansir Solopos.com.

Kedua sapi tersebut berjenis limousine. Dia sapi kurban Jokowi itu didatangkan dari dua daerah.

Sapi pertama yang disumbangkan untuk Masjid Agung berumur 4 tahun 3 bulan seberat 1,03 ton. Sapi didatangkan dari Desa Glondongan RT001/RW002 Kelurahan Mranggen, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo.

Sedangkan, sapi untuk Masjid Al Wustho berumur di atas 3 tahun, seberat 930 kg dari Dusun Soko, Desa Tegal Ombo, Kecamatan Kalijambe, Sragen.

“Sapi langsung diantarkan dari kandang ke masjid pada H-1 menunggu kesiapan dua masjid. Sedangkan, penyerahan resmi dari Pemkot kepada masjid masih diagendakan setelah salat Idul Adha. Lokasi penyembelihan masih dirapatkan, apakah akan disembelih di masjid atau di penjagalan,” jelas Bambang.

Di sisi lain, sama seperti tahun sebelumnya, Pemkot Solo menghibahkan tujuh ekor sapi pada Hari Raya Iduladha menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Sapi dari Pemkot saat ini masih pengadaan,” kata dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS