Indeks Terpopuler News Lifestyle

Arab Saudi Buka Ibadah Umroh 2021, Angin Segar Untuk Pengusaha Biro Travel

Budi Arista Romadhoni Rabu, 16 September 2020 | 10:10 WIB

Arab Saudi Buka Ibadah Umroh 2021, Angin Segar Untuk Pengusaha Biro Travel
Petugas kebersihan memakai masker pelindung, menyusul pernularan virus korona baru, saat mereka menyapu lantai Ka'bah di Mesjid Raya di kota suci Mekah, Arab Saudi, Selasa (3/3/2020). (REUTERS/STRINGER)

Pemerintah Arab Saudi akan membuka akses ibadah umroh pada awal tahun 2021 mendatang

SuaraJawaTengah.id - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi baru akan mencabut larangan perjalanan umroh terkait Covid-19 pada awal tahun 2021. Hal itu memberikan angin segar bagi para pengusaha biro travel umroh dan haji. 

CEO Biro Perjalanan Haji dan Umroh Fatimah Zahra, Mochamad Rifky Azady mengatakan, saat ini ia tengah menunggu kepastian dibukanya kembali perjalanan umroh dari Pemerintah. Ia memastikan, akan memberangkatkan semua jemaah yang tertunda perajalanan umrohnya. 

"Apabila nanti sudah diumumkan dibuka kembali, Insyallah Fatimah Zahra akan segera memberangkatkan jamaah," katanya kepada Suara.com, Rabu (16/9/2020). 

Ia mengaku, meskipun pandemi Covid-19, pihaknya tetap melakukan proses pengajuan pemberangkatan para jamaah umroh. 

"Ini kami sudah mulai proses untuk booking baik airline maupun akomodasi untuk jamaah nantinya," ujarnya. 

Dilansir Anadolu Agency, Kementerian Dalam Negeri mengumumkan bahwa mulai 1 Januari 2021, semua pembatasan masuk dan keluar warga negaranya akan dicabut dan semua sarana transportasi darat, laut dan udara akan dibuka kembali dengan tetap mengikuti prosedur pencegahan Covid-19 saat ini.

Selain itu, sejumlah kalangan, termasuk pegawai negeri, pengusaha, mereka yang membutuhkan perawatan medis di luar negeri dan pelajar akan dibebaskan dari pembatasan mulai 15 September.

Warga negara Dewan Kerjasama Teluk juga akan diizinkan masuk dan keluar negara itu mulai 15 September, sementara keputusan untuk mengizinkan dimulainya Umrah akan dinilai secara terpisah tergantung pada tingkat penyebaran virus.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan pujian terhadap Arab Saudi karena sukses menyelenggarakan ibadah haji yang aman selama pandemi Covid-19.

"Langkah-langkah yang diambil oleh Arab Saudi selama ibadah haji memberikan contoh bagi negara-negara yang ingin kembali ke kehidupan normal dan beradaptasi dengan kondisi di bawah virus." ujar Direktur Jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus disadur dari Arab News.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait