alexametrics
cancel

Bukan Cuma Sate Kambing Muda, di Tegal Juga Bisa Nikmati Ikan Asap

Wisata kuliner menjadi tren saat berkunjung ke beberapa daerah di Indonesia, di Kota Tegal yang terkenal dengan sate kambing muda, rupanya juga bisa menikmati ikan asap

Budi Arista Romadhoni
Bukan Cuma Sate Kambing Muda, di Tegal Juga Bisa Nikmati Ikan Asap
Seorang warga tengah membuat ikan asap di Gang Etong, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Sabtu (24/10/2020). (Suara.com/F Firdaus)

SuaraJawaTengah.id - Kota Tegal sering dikenal dengan sate kambing sebagai kuliner khas yang wajib dicicipi jika sedang berada di kota ini.

Padahal, sebagai kota yang berada di pesisir Pantai Utara, Kota Tegal juga memiliki kekayaan kuliner dari hasil laut. Salah satunya adalah ikan asap.

‎Selain bisa jadi pilihan wisata kuliner, ikan asap juga bisa dibawa sebagai oleh-oleh jika sedang mampir di Kota Bahari.

‎Jika tertarik mencicipi, datanglah ke Gang Etong, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat. Di sini, Anda bisa menjumpai penjual ikan asap, sekaligus melihat proses pembuatannya.

Pembuatan ikan asap dilakukan warga di depan rumah mereka yang saling berdempet di sepanjang gang. Mereka yang membuat adalah para ibu-ibu yang suaminya rata-rata bekerja sebagai nelayan.

Ikan asap dibuat dari berbagai macam jenis ikan, antara lain ikan layar,‎ tongkol dan banyar. Ikan-ikan itu terlebih dahulu dipotong dan dibersihkan. Setelah itu dijemur lalu diasapi di tempat pemanggangan.

‎Salah satu penjual ikan asap, Taryumi, 58, mengatakan, pembuatan ikan asap dilakukan sejak pagi hingga sore hari.

"Karena pembuatannya memang diasapi, jadi namanya ikan asap. Buatnya dari pagi sampai sore, tapi kalau pengasapannya sekitar lima sampai 10 menit," ujarnya kepada Suara.com, Sabtu (24/10/2020).

Menurut Taryumi, harga ikan asap yang dijualnya Rp2.500 per potong. Dia biasanya menjual ke sejumlah pasar tradisional. Terdapat juga pembeli yang datang untuk dijadikan oleh-oleh.

‎"Sehari rata-rata bisa menjual 500 sampai 900 potong. Tergantung ikannya lagi banyak atau sedikit," ujarnya.

Lanjut ke halaman berikutnya

Berita Terkait

Terpopuler

TC Bersama Timnas U-19, Duo Persija Alami Perkembangan Pesat

TC Bersama Timnas U-19, Duo Persija Alami Perkembangan Pesat

jakarta
Berita Lainnya