alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hadir di Virtual Daihatsu Festival, Kaesang Pangarep Sebutkan Gran Max

RR Ukirsari Manggalani Sabtu, 24 Oktober 2020 | 12:40 WIB

Hadir di Virtual Daihatsu Festival, Kaesang Pangarep Sebutkan Gran Max
Kaesang Pangarep. (Instagram/@kaesangp)

Menjadi wirausahawan muda, putra bungsu Presiden NKRI Joko Widodo ini berbagi soal bisnis dan cita-cita pertama.

SuaraJawaTengah.id - Kaesang Pangarep muncul sebagai salah satu narasumber dalam acara Virtual Daihatsu Festival siang ini, Sabtu (24/10/2020). Dipetik dari artikel Suara.com, jaringan SuaraJateng.id, putra bungsu Presiden NKRI Joko Widodo ini mengisahkan seluk-beluk menjadi entrepreneur. Wirausahawan muda bidang kuliner.

"Saya sudah memulai bisnis di usia 17 tahun, lewat penjualan kaos. Segala sesuatu dikerjakan sendiri, tanpa kolaborasi menggandeng pihak-pihak yang lebih ahli. Akhirnya bangkrut, dan malah meninggalkan hutang," demikian Kaesang Pangarep memulai cerita suksesnya.

Saat ditanyai oleh Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) hal yang memotivasi Kaesang Pangarep untuk berbisnis sejak usia muda, jawabannya seru.

"Motivasi saya dahulu, ingin pacaran pakai uang sendiri. Karena kalau pacaran dibiayai rasanya tidak enak. Di sisi lain, Bapak dan kakak tertua saya memberikan semangat, bila jadi pengusaha akan seperti ini, akhirnya saya terus berbisnis," tukas kelahiran 25 Desember 1994.

Leaflet Virtual Daihatsu Festival [PT Astra-Daihatsu Motor].
Leaflet Virtual Daihatsu Festival [PT Astra-Daihatsu Motor].

Ketekunan ini berbuah. Kaesang Pangarep memiliki usaha dalam 10 brand, manajemen inti 30 orang, serta karyawan totalnya sekitar 1.000 orang. Dan outlet Sang Pisang sendiri mencapai 69 unit.

"Terus-terang, dalam masa pandemi COVID-19 bidang usaha makanan kecil mengalami penurunan. Namun makan besar, yaitu ayam goreng, kenaikannya mencapai 250 persen," tandasnya.

Resep suksesnya?

Belajar dari pengalaman sebelumnya, Kaesang Pangarep menyatakan ia banyak bekerja sama dengan chef atau koki. Yang disebutnya "berkolaborasi, menyerahkan kepada ahlinya", sehingga seluruhnya bisa berbagi tugas atau tidak ditangani sendiri.

Dan bila ditilik usahanya adalah bidang kuliner, mungkin banyak pertanyaan pilihan ini berdasarkan sukses dari abangnya tertua, Gibran Rakabuming Raka di bisnis hidangan pula.

Kaesang Pangarep tidak memungkiri hal ini, namun di sisi lain ia menyatakan sejatinya dahulu memang bercita-cita menjadi chef.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait