alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tesla Masuk Indonesia, Bagaimana Kesiapan Pabrik Baterai Mobil Listrik

Iwan Supriyatna | Manuel Jeghesta Nainggolan Sabtu, 14 November 2020 | 10:45 WIB

Tesla Masuk Indonesia, Bagaimana Kesiapan Pabrik Baterai Mobil Listrik
Logo Tesla. [Shutterstock]

Diharapkan OEM mobil listrik akan banyak ke Tanah Air.

SuaraJawaTengah.id - Tesla berencana membangun pabrik baterai di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier.

Ia menyebutkan bahwa Indonesia mungkin bisa mencontoh China yang membangun pabrik baterai mobil listrik.

"Kalau lihat China, mungkin Tesla juga bangun (pabrik) di sana karena unsur competitiveness baterai listriknya. Jadi mereka mendekatkan dengan sumber bahan bakunya, nikel yang ada di Indonesia," ujar Taufiek Bawazier dalam sesi webinar, baru-baru ini.

Ia juga menyatakan bahwa Pemerintah mencoba membangun pabrik baterai listrik di Tanah Air kita sendiri, supaya nanti bisa memunculkan Original Equipment Manufacturer atau OEM mobil listrik di Indonesia yang sekarang ini sudah melakukan investasi di sini, seperti Hyundai.

Ilustrasi mobil listrik (Shutterstock).
Proses recharging baterai mobil listrik. Sebagai ilustrasi (Shutterstock).

"Nanti berikutnya kami berharap Tesla masuk di Batang, katanya berminat," kata Taufiek Bawazier.

Dengan begitu, semua OEM akan tertarik masuk dalam bisnis mobil listrik. Dengan demikian masyarakat juga mendapatkan banyak pilihan atau variasi kendaraan bermotor listrik sesuai budget.

Sebelumnya Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Kukuh Kumara menyatakan belum mendapat laporan resmi terkait rencana produsen mobil listrik Tesla yang akan membangun pabrik di Batang, Jawa Tengah.

"Tesla, kami belum tahu, baru dengar informasinya. Diharapkan, katanya, datang ke Jawa Tengah," demikian paparnya saat itu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait