alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Modus Penipuan Mencatut Nama Wakil Bupati Pati, Sasarannya Pesantren

Budi Arista Romadhoni Jum'at, 19 Februari 2021 | 15:38 WIB

Modus Penipuan Mencatut Nama Wakil Bupati Pati, Sasarannya Pesantren
Ilustrasi WhatsApp menjadi modus penipuan di Kabupaten Pati. [iGlobalWeb/Pixabay]

Pelaku penipuan di Kabupaten Pati menggunakan nomor WA+6285706286215, Ia mengaku sebagai Wakil Bupati Pati, Saiful Arifin

SuaraJawaTengah.id - Modus penipuan dengan mencatut sejumlah nama Bupati dan Wakil Bupati terjadi Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Dengan menyebut pejabat terkait, penipu meminta uang ke korban untuk bantuan keagamaan.

Penipuan di Kabupaten Pati itu modusnya sama, yakni menggunakan platform medias sosial (Medsos) WhatsApp (WA). Akun abal-abal tersebut menggunakan nama dan foto pejabat daerah untuk menipu targetnya, di antaranya Masjid, Gereja, Vihara, hingga pesantren.

Pelaku penipuan di Kabupaten Pati menggunakan nomor WA+6285706286215. Ia mengaku sebagai Wakil Bupati Pati, Saiful Arifin. Tidak hanya itu, penipu juga menyatut nama Bupati Pati, Haryanto.

Akun tersebut, mengiming-imingi bakal memberikan bantuan kepada pengurus Masjid dan Gereja melalui pesan singkat. Berdalih agar sumbangan tersebut cair di suatu tempat ibadah, penipu meminta dewan Gereja maupun takmir Masjid untuk mentransfer terlebih dahulu ke nomor rekening tertentu.

Baca Juga: Wow! Kartunis Semarang Ini Raih Penghargaan di Turki

Wakil Bupati Pati, Saiful Airin menegaskan, nomor WA yang menggunakan foto dan mencatut namanya dan Bupati Pati Haryanto terkait itu adalah palsu. Ia memastikan, bahwa hal tersebut adalah hoaks belaka.

“Modus aneh-aneh saja itu. Fotonya juga asal ngambil di internet itu,” ujarnya, Jumat (19/2/2021).

Tangkapan layar percakapan antara akun penipuan yang mengatasnamakan Bupati Pati Saiful Amin. [Dok Wakil Bupati Pati Saiful Arifin]
Tangkapan layar percakapan antara akun penipuan yang mengatasnamakan Bupati Pati Saiful Amin. [Dok Wakil Bupati Pati Saiful Arifin]

Pria yang karip disapa Safin itu pun mengingatkan kepada masyarakat di kabupaten berjuluk Bumi Mina Tani, agar tidak menjadi korban penipuan yang mengatasnamakan dirinya maupun Bupati Pati Haryanto.

“Waspada penipuan. Kemarin perangkat desa langsung saya kasih info. Jangan asal percaya itu hoax,” imbaunya.

Jepara

Baca Juga: Lapas Slawi Over Kapasitas

Beda dengan yang terjadi di Kabupaten Jepara, penipu yang menyatut nama dan gambar Bupati Jepara, Dian Kristiandi lebih menyasar pondok pesantren (Ponpes) dan Vihara di Bumi Kartini. Penipu yang menggunakan akun WA bernomor +62878 6050 8337 saat ini tengah diburu keberadaannya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait