alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Corona Jenis Baru Masuk ke Indonesia, Ganjar: Apakah Benar Seganas Itu?

Budi Arista Romadhoni Rabu, 03 Maret 2021 | 17:01 WIB

Corona Jenis Baru Masuk ke Indonesia, Ganjar: Apakah Benar Seganas Itu?
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. [Dok Humas Pemprov Jateng]

Corona jenis baru sudah sampai di Indonesia, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus memantau dan meminta jajarannya untuk waspada

SuaraJawaTengah.id - Gubernur Jawa Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta jajarannya untuk mewaspadai adanya virus corona atau Covid-19 varian baru B1117. Virus itu dikabarkan telah masuk ke Indonesia.

Dua kasus varian baru itu ditemukan di Karawang, Jawa Barat. Ganjar Pranowo pun mewanti-wanti untuk tidak mengurangi standar protokol kesehatan Covid-19. 

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan terus memantau kasus itu. Pihaknya juga telah memerintahkan Kadinkes Jateng untuk terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

"Tentu kita akan pantau, dari Dinkes juga saya minta pantau terus dan kita koordinasi terus dengan pusat agar kita bisa mencegah," kata Ganjar di kantornya, Rabu (3/3/2021).

Baca Juga: Kejar Target, Menkes Budi Gunadi Resmikan Vaksinasi Covid-19 Drive Thru

Ganjar mengatakan, dua orang yang teridentifikasi virus Covid-19 varian baru itu harus segera ditracing. Informasinya, dua orang tersebut membawa virus varian baru itu dari Arab Saudi.

"Kalau tidak salah kan itu masuknya dari Arab ya, yang bawa dua orang itu. Maksud saya, kalau dua orang itu langsung ditracing, maka langsung bisa diisolasi. Mereka tidak boleh keluar-keluar dulu untuk mengantisipasi penyebarannya," tegasnya.

Sekaligus lanjut dia, tim riset dari Kementerian Kesehatan harus segera mencari sebenarnya varian baru itu seganas apa. Sehingga, tindakan antisipatif bisa segera dilakukan.

"Itu mesti cepet-cepet. Ketemu dua orang, ya dua itu dikunci. Turunkan tim agar bisa meriset kondisinya, apakah perbedaannya tinggi atau tidak. Kalau harus dilakukan treatmen khusus, maka kira-kira treatmen yang bisa menangkal seperti apa. Kan kalau mendengarkan ini cepat menular dan mematikan, apakah benar seganas itu. Maka jangan sampai orang takut semuanya," tegasnya.

Ganjar juga mengusulkan pintu-pintu masuk ke Indonesia diperketat hari ini. Sebab jika memang sudah terdeteksi adanya varian baru yang masuk, maka hal itu harus dilakukan.

Baca Juga: Khawatir Terpapar di Rumah, DPRD DKI Minta Keluarga Ikut Divaksin Covid-19

"Ya menurut saya baik juga kalau ada varian baru dan sudah mulai terdeteksi, maka kita mesti hari-hati. Kalau perlu pintu-pintu masuk ke Indonesia diperketat mulai hari ini," pungkasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait