facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tilang Elektronik Diterapkan Hari Ini, Begini Penjelasannya

Budi Arista Romadhoni Selasa, 23 Maret 2021 | 08:29 WIB

Tilang Elektronik Diterapkan Hari Ini, Begini Penjelasannya
Ilustrasi penerapan Tilang Elektronik (Suara.com)

Tilang elektronik akan resmi diberlakukan oleh polri mulai hari ini

SuaraJawaTengah.id - Pemberlakuan tilang elektronik atau electronic traffic Law Enforcement (ETLE) serentak diterapkan secara nasional pada hari ini Selasa, (23/3/2021). 

Lalu apakah anda sudah tahu tentang tilang elektronik atau ETLE?

Pemberlakuan tilang elektronik atau ETLE sebagai cara untuk menertibkan masyarakat agar lebih taat aturan dalam berlalu lintas sekaligus menjadikan hal ini lebih transparan.

Rencananya, Polri akan meluncurkan ETLE pada 23 Maret 2021. Berikut ini penjelasan mengenai serba-serbi ETLE yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Dear Warga Solo! Pekan Depan Nekat Langgar Lalu-lintas, Ini Akibatnya

1. Apa Itu ETLE?

ETLE merupakan sistem yang akan mencatat, mendeteksi, dan memotret pelanggaran di jalan raya melalui kamera CCTV. Dalam pengertian lain, ETLE merupakan kamera pengintai yang akan merekam pelanggaran-pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh pengendara. Nantinya, kamera ini akan terhubung langsung ke kantor Polda di masing-masing kota. 

Setelah ditemukan pelanggaran, petugas akan mencari data mengenai pemilik kendaraan melalui plat nomor. Kemudian, bukti pelanggaran akan dikirimkan sesuai dengan alamat yang tertera pada STNK beserta jumlah besaran dendanya. 

2. Lokasi Peletakkan ETLE 

Peluncuran ETLE ini juga melalui berbagai tahapan. Pada tahap 1 Korlantas Polri meluncurkan 244 kamera ETLE di 12 Polda.

Baca Juga: Best 5 Oto: Mitsubishi Lancer Evolution Seru, Suzuki Hayabusa Atasi Biker

Nantinya 244 kamera ETLE itu akan tersebar ke Polda Metro Jaya 98 titik, Polda Riau 5 titik, Polda Jawa Timur 55 titik, Polda Jawa Tengah 10 titik, Polda Sulawesi Selatan 16 titik, Polda Jawa Barat 21 titik, Polda Jambi 8 titik, Polda Sumatera Barat 10 titik, Polda DIY 4 titik, Polda Lampung 5 titik, Polda Sulawesi Utara 11 titik, dan Polda Banten 1 titik.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait