alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Nathalie Holscher Sekarang Hamil, Ini Tips Menjalani Puasa untuk Bumil

Budi Arista Romadhoni Kamis, 22 April 2021 | 19:16 WIB

Nathalie Holscher Sekarang Hamil, Ini Tips Menjalani Puasa untuk Bumil
Nathalie Holscher Hamil, ini tips puasa untuk bumil [Instagram]

Ibu hamil seperti Nathalie Holscher tentu bingung, apakah akan menjalani ibadah puasa atau tidak di bulan Ramadhan

SuaraJawaTengah.id - Nathalie Holscher mengumumkan diri tengah mengandung anak dari suminnya Sule. Ia pun terlihat terharu dan tak kuasa manahan tangis. 

Namun beberapa waktu lalu, Nathalie Holscher kedapatan masih melakukan ibadah puasa. Apakah aman untuk orang hamil? 

Dilansir dari Ayosemarang.com, Ibu hamil memiliki dua pilihan ketika memasuki bulan Ramadan, tetap melakoni puasa atau tidak. Kerap kali ibu khawatir janin di kandungannya. Lalu, bagaimana dengan Nathalie Holscher ya?

Dosen S1 Kebidanan Unusa, Nanik Handayani mengatakan, ada tips khusus bagi ibu hamil yang memutuskan untuk berpuasa selama bulan ramadan. Dalam sudut pandang kesehatan, menurutnya ibu hamil diperbolehkan puasa jika memenuhi syarat.

Baca Juga: Sule dan Nathalie Holscher Daftar Gugatan Cerai Habis Lebaran

Syarat yang kudu dimiliki adalah kondisi ibu dan janin dalam keadaan baik. Lalu, ibu juga diwajibkan memiliki tekanan darah normal, tak mengalami anemia, hingga berat janin sudah sesuai. Bila memenuhi syarat tersebut, maka ibu hamil bisa turut serta menjalankan ibadah puasa.

"Syarat-syarat tersebut harus (terpenuhi). Sehingga, lebih aman bagi ibu yang sedang hamil," kata Nanik saat dikonfirmasi, Kamis (22/4/2021).

Namun, bila sang ibu khawatir atau tak kuat berpuasa, maka tidak perlu dipaksakan untuk menjalankan ibadah puasa. Nanik juga menganjurkan ibu hamil harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh, terlebih saat cuaca panas. 

Ilustrasi ibu hamil (Unsplash)
Ilustrasi ibu hamil (Unsplash)

Umumnya, kebutuhan air putih minimal 8 gelas perhari, 4 gelas saat sahur, dan 4 gelas ketika berbuka puasa. Lalu, hindari minuman dingin yang dapat mengurangi kerja lambung dan mengakibatkan mudah mual. 

“Konsumsi makanan bergizi ketika sahur dan berbuka, untuk mencukupi kebutuhan janin dan menjaga kesehatan ibu saat berpuasa," tuturnya.

Baca Juga: Oma Nathalie Ogah Ajak Rujuk Sule Selesaikan Masalah: Harga Dirilah

Selain makanan, istirahat yang cukup juga sangat diperlukan. Begitu juga dengan aktivitas yang terlalu berat, supaya tak dilakukan secara berulang kali. Bahkan, jadwal kontrol kehamilan harus tetap dilakukan untuk memantau perkembangan bayi. 

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait