alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bentrokan di Wadas Purworejo, Belasan Orang Dikabarkan Ditangkap

Ronald Seger Prabowo Jum'at, 23 April 2021 | 15:45 WIB

Bentrokan di Wadas Purworejo, Belasan Orang Dikabarkan Ditangkap
Tangkapan layar ratusan warga Desa Wadas, Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo, terlibat bentrok dengan anggota kepolisian dan TNI, Jumat (23/4/2021). [Instagram @wadas_melawan]

Akibat bentrokan itu, sejumlah warga juga mengalami luka-luka.

SuaraJawaTengah.id - Bentrokan anatara aparat keamanan dengan warga terjadi di Desa Wadas, Purworejo, Jumat (23/4/2021) siang.

Kericuhan itu dipicu penolakan warga terhadap rencana pengukuran dan pematokan lahan desa untuk penambangan material guna pembangunan Bendungan Bener di desa setempat.

Akibat bentrokan itu, sejumlah warga mengalami luka-luka. Bahkan dari video yang beredar di media sosial, nampak ibu-ibu pingsan karena kericuhan tersebut.

Selain itu, sejumlah warga dan juga anggota LBH Yogyakarta ditangkap aparat. Akun Instagram @wadas_melawan membeberkan kronologi lengkap kejadian tersebut.

Baca Juga: Bebas Beberapa Hari, Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat Kembali ke Penjara

Darurat! Kekerasan dan penangkapan terhadap warga, kuasa hukum warga dan jaringan oleh aparat di Desa Wadas, Purworejo, Jawa Tengah, Jumat, 23 April 2021.

Kronologi sementara

1. Sekitar jam 11 aparat mendatangi desa Wadas menggunakan beberapa mobil salah satunya mobil dengan muatan banyak. Kedatangan mereka terkait dengan rencana sosialisasi pemasangan patok untuk keperluan penambangan batuan andesit yang masih satu kesatuan dengan proyek strategis nasional pembangunan Bendungan Bener.

2. Dalam mobil tersebut ada banyak aparat kepolisian dan TNI membawa senjata.

3. Karena jalan sudah dihadang warga dengan menggunakan batang pohon, pihak aparat memaksa masuk termasuk dengan menggunakan gergaji mesin.

Baca Juga: Ganti Rugi Pembangunan Bendungan Bener Belum Dibayar, Pemilik Lahan Protes

4. Warga dalam posisi duduk sambil bersholawat atas Nabi SAW.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait