alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Waduh! Belasan Ribu Nelayan Bakal Serbu Tegal Saat Mudik Lebaran

Ronald Seger Prabowo Selasa, 04 Mei 2021 | 11:56 WIB

Waduh! Belasan Ribu Nelayan Bakal Serbu Tegal Saat Mudik Lebaran
‎Belasan ribu nelayan di Kota Tegal diperkirakan pulang dari melaut menjelang lebaran. [Ilustrasi./Dok : Istimewa]

Sebelum mendarat di Kota Bahari, mereka harus menjalani rapid test antigen untuk mencegah penyebaran Covid-19.

SuaraJawaTengah.id - ‎Belasan ribu nelayan di Kota Tegal diperkirakan pulang dari melaut menjelang lebaran. Sebelum mendarat di Kota Bahari, mereka harus menjalani rapid test antigen untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Rapid test antigen yang dilakukan oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kota Tegal dan Dokkes Polres Tegal Kota itu salah satunya digelar di kawasan Pelabuhan Pelindo, Kecamatan Tegal Barat, Selasa (4/5/2021). 

Para nelayan atau anak buah kapal (ABK) yang kapalnya sudah bersandar dan sedang beraktivitas di pelabuhan dipanggil untuk menjalani rapid test antigen.

Kapolres Tegal ‎Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo mengatakan, rapid test antigen dilakukan terhadap semua nelayan yang pulang dari melaut untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Meski Mudik Dilarang, Garuda Indonesia Tetap Beroperasi Normal

‎"Ini salah satu tindak lanjut kegiatan penyekatan yang akan dilakukan pada‎ 6 sampai 17 Mei nanti. Nah karena mereka ini jalurnya jalur laut, tidak ada penyekatan di laut, maka upaya yang kita lakukan adalah mereka yang bersandar akan kita lakukan rapid test antigen," ujar Rita, Selasa (4/5/2021).

‎Menurut Rita, jika terdapat nelayan yang terpapar Covid-19, maka akan langsung diisolasi di tempat karantina komunal milik Pemkot Tegal yakni di rusunawa Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat.

‎"Sejauh ini sudah sekitar 150-an yang dites, hasilnya masih negatif, semoga sisanya nanti juga sama. Tes ini akan dilakukan terus sampai semua nelayan sudah dites," katanya.

Di kawasan Pelabuhan Pelindo, Rita menyebut ada sekitar 400 kapal yang diperkirakan akan bersandar usai melaut.‎ "Kalau satu kapal ada 25 ABK, 400 kapal ya berarti sekitar 10.000‎ yang dites," ujarnya.

‎Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tegal ‎Riswanto mengatakan, selain di Pelabuhan Pelindo, nelayan yang bersandar di Pelabuhan Perikanan Pantai Jongor, Tegalsari juga akan dilakukan rapid test antigen.

Baca Juga: Apes! Niat Bakar Sampah, Kapal Nelayan Ini Malah Ikut Terpanggang

‎"Kalau di sini (Pelabuhan Pelindo) jumlahnya ada 400 kapal, di Jongor pun sama ada sekitar 400-an kapal. Jadi jumlah ABK-nya sekitar 16 ribu karena satu kapal ada 20 sampai 25 ABK. Paling tidak 50 persennya yang dites," ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait