alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Penentuan Awal Bulan Syawal, BMKG akan Melaksanakan Rukyatul Hilal

Budi Arista Romadhoni Minggu, 09 Mei 2021 | 15:05 WIB

Penentuan Awal Bulan Syawal, BMKG akan Melaksanakan Rukyatul Hilal
Ilustrasi Tim pemantau hilal. BMKG akan melakukan Rukyatul Hilal untuk menentukan awal bulan syawal [Antara]

Sesuai kalender Islam, bulan Ramadhan akan memasuki hari-hari terakhir, dan berganti dengan Bulan Syawal

SuaraJawaTengah.id - Ibadah puasa memasuki hari-hari terakhir bulan Ramadhan. Sebentar lagi, akan memasuki bulan syawal dalam kelender islam. Hari itulah disebut Idulfitri. 

Dalam penentuan awal bulan Syawal 1442 H, perlu dilakukan namanya Rukyatul Hilal. Dari prosesi itulah akan terlihat kapan hari terakhir Ramadhan dan awal bulan Syawal. 

Dilansir dari Ayosemarang.com, BMKG akan melaksanakan Rukyatul Hilal selama 2 hari, yakni tanggal 11 dan 12 Mei 2021 di 29 lokasi di Indonesia.

Untuk provinsi Jawa Tengah akan dilakukan oleh tim BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara, Kemenag Kabupaten Banjarnegara dan organisasi kemasyarakatan di Lapangan Desa Kebutuh Duwur, Kab. Banjarnegara.

Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan Menjelang Lebaran

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie mengatakan, mekanisme pengamatan Hilal penentu awal bulan Qomariah (Hijriah) oleh BMKG,.dengan memanfaatkan teleskop yang dihubungkan dengan komputer dan kamera serta dipadukan dengan teknologi informasi.

"Saat pengamatan dilaksanakan, cahaya Hilal akan direkam oleh detektor yang dipasang pada teleskop yang secara otomatis mengikuti berubahnya posisi bulan di ufuk barat. Dengan teknologi informasi, data tersebut langsung dikirim ke server di BMKG Pusat, untuk kemudian disimpan dan disebarluaskan secara online ke seluruh dunia melalui *http://www.bmkg.go.id/hilal," ujarnya dalam keterangan, Minggu (9/5/2021).

Masyarakat dapat ikut melihat Hilal penentu awal bulan Syawal 1442 H pada hari Selasa, 11 Mei 2021 dan Rabu 12 Mei 2021 pada sore hingga petang, secara langsung online dengan mengakses laman http://www.bmkg.go.id/hilal.

Untuk mengawali bulan Syawal 1442 H, sebaiknya menunggu keputusan Menteri Agama Republik Indonesia yang akan diumumkan pada tanggal 11 Mei 2021 malam, setelah sidang isbat.

"Pastikan masyarakat memperoleh informasi bersumber dari kanal komunikasi resmi BMKG yang terverifikasi seperti Instagram/Twitter: @infobmkg dan @geopotw_bmkg, website http://www.bmkg.go.id, atau melalui Mobile Apps," katanya.

Baca Juga: Hindari Penyekatan, Pemudik Jalan Kaki dari Jawa Tengah ke Bandung

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait