alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tak Ada Penyekatan, Pengunjung Komplek Objek Wisata Dieng Membludak

Budi Arista Romadhoni Sabtu, 15 Mei 2021 | 18:08 WIB

Tak Ada Penyekatan, Pengunjung Komplek Objek Wisata Dieng Membludak
Penampakan jalur di Kaliasa Dieng, sejumlah kendaraan memadati jalan.[Suara.com/Citra Ningsih]

Setiap jalur masuk kawasan Dieng tidak ada penyekatan dan petugas, sehingga kendaraan dari berbagai arah dapat masuk dengan bebas

SuaraJawaTengah.id - Libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1442 H selain dimanfaatkan untuk silaturahmi juga untuk berwisata bersama keluarga. Tak heran jika sejumlah jalur objek wisata terjadi kepadatan lalu lintas, termasuk di Kawasan Dieng.

Objek Wisata Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, juga terjadi kemacetan lalu lintas dari para wisatawan. "Sekitar jam 12 siang mulai banyak kendaraan masuk," Kata Aryanto, salah satu seorang warga, Sabtu (15/5/2021).

Kepadatan kawasan dieng terjadi di sejumlah titik, diantaranya di simpangan pertigaan Desa Karangtengah dan Aswatama.

Menurutnya, banyaknya jalur menuju objek wisata Dieng menjadikan salah satu faktor kepadatan lalu lintas yang sangat cepat. "Ada jalur dari Kabupaten Wonosobo, Pekalongan, Banjarnegara, dan Pantura juga bisa langsung masuk," Katanya.

Baca Juga: Erupsi Kawah Sileri Kawasan Dieng Terjadi Tanpa Gejala Gempa

Sementara di setiap jalur masuk kawasan Dieng tidak ada penyekatan dan petugas, sehingga kendaraan dari berbagai arah dapat masuk dengan bebas.

"Hal itu bisa jadi kemudahan akses tapi disisi lain jadi mempercepat kepadatan, karena sana sini bisa masuk, jadi numpuk, " Ungkapnya.

Wisatawan yang datang ke Dieng merupakan warga lokal dan warga luar kota.

Salah seorang wisatawan Saraswati asal Banjarnegara, mengaku terjebak macet hingga 1 jam. Terutama di pintu masuk obyek wisata Kawah Sikidang.

"Sudah sekitar satu jam terjebak macet. Ini saya dan keluarga menyempatkan liburan ke Dieng. Mumpung masih libur," ujarnya pada Suara.com (15/5/2021).

Baca Juga: Erupsi Kawah Sileri, BPBD Banjarnegara Pastikan Tak Ada Korban Jiwa

Ia bahkan harus mengurungkan niatnya untuk mengunjungi sejumlah objek wisata Dieng, yakni Kawah Sikidang dan Komplek Candi Arjuna.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait