facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mengelola Stres dengan Baik Bisa Menghentikan Kebiasaan Merokok, Ini Caranya

Budi Arista Romadhoni Minggu, 06 Juni 2021 | 07:00 WIB

Mengelola Stres dengan Baik Bisa Menghentikan Kebiasaan Merokok, Ini Caranya
Dampak merokok pada keluarga. Denggan mengelola stres bisa menghentikan kebiasaan merokok. (Shutterstock)

Kebiasaan merokok ternyata bisa dihentikan, salah satunya harus mengelola stres

SuaraJawaTengah.id - Rokok memang kerap membuat candu setiap orang. Bahkan orang yang sudah terlanjur menghisap asap tembakau, bakal sulit meninggalkan kebiasaan merokok.

Lalu apakah ada cara untuk bisa meninggalkan kebiasaaan buruk merokok?

Spesialis penyakit dalam dr. Pandang Tedi Adriyanto, M.Sc, Sp.PD, FINASIM dari Universitas Gadjah Mada memaparkan cara-cara yang bisa dilakukan untuk berhenti merokok.

"Berhenti merokok memang tidak mudah dan instan karena dibutuhkan komitmen dan tekad yang kuat," kata Pandang dilansir dari ANTARA

Baca Juga: Duh, Dokter Ungkap Ada Lebih dari 400 Zat Berbahaya dalam Sebatang Rokok

Cara pertama adalah mengelola stres, sebab itu jadi salah satu alasan mengapa orang memilih untuk merokok. Dia menjelaskan, seseorang menjadi rileks setelah merokok. Oleh karena itu, carilah cara lain untuk meredakan ketagangan, seperti mendengarkan musik, pijat, atau yoga.

"Di awal masa percobaan untuk berhenti, sebisa mungkin hindari situasi yang mendatangkan stres," katanya.

Menghindari pemicu bisa membantu upaya berhenti merokok, seperti tidak berkumpul dengan sesama perokok sehingga tidak "tergoda" untuk kembali mengisapnya. Bila terbiasa merokok setelah makan, cari cara lain sebagai pengganti, misalnya mengunyah permen karet atau menggosok gigi.

Menurut Pandang, terhentinya asupan nikotin umumnya membuat seorang perokok merasa frustrasi sehingga sering membuat mereka gagal berhenti merokok. Terapi penggantian nikotin dapat membantu meringankan rasa frustrasi atau gejala putus obat tersebut.

Terapi penggantian nikotin sebagai salah satu cara berhenti merokok bekerja dengan melepaskan nikotin dalam kadar rendah secara terus-menerus ke pembuluh darah. Unsur nikotin yang digunakan tidak mengandung tar, karbon monoksida, dan bahan kimia berbahaya lain seperti yang terdapat di dalam rokok.

Baca Juga: Kemenkes Targetkan 5 Juta Orang Indonesia Bisa Berhenti Merokok

"Prosedur ini membantu mengurangi hasrat tubuh untuk kembali merokok saat tubuh mulai merasakan hilangnya asupan nikotin," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait