alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Meski Banyak Kendala, 98 SMP di Banjarnegara Siap Laksanakan PPDB Online

Budi Arista Romadhoni Sabtu, 12 Juni 2021 | 17:32 WIB

Meski Banyak Kendala, 98 SMP di Banjarnegara Siap Laksanakan PPDB Online
Ilustrasi sekolah dibuka di tengah pandemi. Program PPDB online resmi dibuka. Sebanyak 98 sekolah di Banjarnegara siap menerima siswa baru. (Pixabay)

Sebanyak 98 Sekolah Menengah Pertama (SMP)siap melaksanakan PPDB secara online

SuaraJawaTengah.id - Sudah 2 tahun ini pendidikan mau tak mau harus beradaptasi dengan situasi pandemi. Namun penerapan sistem online dalam aktifitas sekolah hingga Penerimaan Peserta Didik Baru (BBDP) hingga kini masih menuai banyak kendala.

Di daerah, tak hanya kendala fasilitas namun kendala teknis yang masih belum bisa diterima dengan baik dan juga kuota sekolah. Namun, aturan tentang PPDB online tetap harus dilaksanakan.

Di Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah, sebanyak 98 Sekolah Menengah Pertama (SMP) siap melaksanakan PPDB secara online. Kini, berbagai persiapan sedang dilakukan, seperti juknis, sosialisasi dan simulasi.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Banjarnegara, Noor Tamami menekankan kepada semua SMP di Banjarnegara untuk melaksanakan PPDB online. Meski pihaknya yakin akan menghadapi berbagai kendala, namun prosedur PPDB ada nilai lebihnya.

Baca Juga: Posko Pelayanan PPDB Jakarta 2021

"PPDB Online setidaknya ada transparansi terbuka, masyarakat biar bisa memantau prosesnya dari awal hingga penerimaan. Sehingga, untuk SMP saya dorong agar melaksanakan PPDB secara online," tegasnya pada Suara.com, Jumat (11/6/2021).

Sementara untuk persiapan, Ia menyerahkan kepada bidang yang menangani agar sema calon PPDB di Banjarnegara tidak terfasilitasi.

"Sudah mempersiapkan, kami serahkan pada bidang yang menangani, sementara keputusan dan kebijakan dari saya," imbuhnya.

Kasi Kesiswaan Bidang SMP Dindikpora Kabupaten Banjarnegara, Rita Khotijah menambahkan, pihaknya optimis dengan pelaksanaan PPDB online yang kedua kalinya.

"Sudah 2 tahun ini kita menerapkan online dan daring, jadi sudah tidak masalah lagi. Persiapan juknis sedang dilakukan dan launching," imbuhnya.

Baca Juga: Tak Diminati Warga Sekitar, SDN di Magelang Ini Hanya Terima 1 Siswa Baru Saat PPDB Online

Selain persiapan internal, pihaknya juga melaksanakan persiapan eksternal dengan melibatkan semua pihak seperti sekolah dan masyarakat selaku wali calon pendaftar PPDB online.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait