alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Belum Disuntik Vaksin Covid-19 Jadi Kelompok Rentan, Ini Pencegahannya

Budi Arista Romadhoni Selasa, 20 Juli 2021 | 18:53 WIB

Belum Disuntik Vaksin Covid-19 Jadi Kelompok Rentan, Ini Pencegahannya
Ilustrasi Anak dengan usia 12-18 tahun saat disuntik vaksin COVID-19 di RSUP Dr Mohammad Hoesin Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (10/7/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Belum disuntik vaksin Covid-19 jangan patah semangat, ini pencegahan penularan virus Corona

SuaraJawaTengah.id - Vaksin Covid-19 belum disuntikan ke seluruh masyarakat. Hal itu karena beberapa faktor, dari stok vaksin dan karena tidak memnuhi syarat tertentu. 

Meski demikian, pemerintah terus gencar melakukan penyuntikan vaksin Covid-19. Sejumlah negara juga sudah berusaha gencar melakukan program vaksinasi untuk keluar dari pandemi ini. 

Kelompok orang yang belum bisa mendapatkan suntik vaksin Covid-19, seperti ibu hamil dan anak-anak. Karena itu, mereka harus melakukan tindakan pencegahan yang ketat demi melindungi dirinya.

Apalagi, sekarang ini banyak bermunculan varian virus corona Covid-19 yang lebih menular. Orang yang belum suntik vaksin Covid-19 sudah pasti masuk kategori kelompok rentan terinfeksi.

Baca Juga: Percepat Cakupan, BIN Mulai Gelar Vaksinasi Covid-19 Untuk Pelajar

Dilansir dari Himedik.com tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri dari varian virus corona ketika belum suntik vaksin Covid-19.

1. Pakai masker ganda

Cara pakai masker ganda alias masker dua lapis. (Dok. Instagram/Kemenkes)
Cara pakai masker ganda alias masker dua lapis. (Dok. Instagram/Kemenkes)

Karena varian virus corona sekarang lebih menular, orang yang belum vaksinasi harus berhati-hati. Sebaiknya, Anda menghindari berpergian keluar rumah jika tidak mendesak. Jika terpaksa, Anda harus menggunakan masker ganda untuk memberikan perlindungan ekstra.

2. Jaga jarak sosial

INFOGRAFIS: Jangan Lupa Jaga Jarak Fisik!
INFOGRAFIS: Jangan Lupa Jaga Jarak Fisik!

Jarak sosial bisa membantu mengurangi risiko seseorang tertular virus corona Covid-19 dari orang lain. Jika Anda belum vaksinasi atau berada di tengah orang yang belum vaksin Covid-19, sebaiknya menjaga jarak demi melindungi diri sendiri maupun orang lain di sekitar.

Baca Juga: Sertifikat Vaksin COVID-19 Jadi Syarat Buat KTP Elektronik di Bandar Lampung, Ini Faktanya

3. Jangan ikut-ikut negara lain yang sudah bebas Covid-19

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait