alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Unik! Kafe di Kota Solo Tawarkan Nongkrong Bersama Kucing Cantik dan Lucu

Budi Arista Romadhoni Senin, 20 September 2021 | 16:13 WIB

Unik! Kafe di Kota Solo Tawarkan Nongkrong Bersama Kucing Cantik dan Lucu
Paw Paw Cafe merupakan kafe kucing pertama di Solo yang menawarkan para pegunjung yang datang bisa makan dan minum dengan kucing yang cantik dan lucu. (Solopos/Astrid Prihatini W.D.)

Kafe di Kota Solo ini berbeda dengan kafe pada umumnya, pemilknya menawarkan pengunjung bisa nongkrong bareng dengan kucing cantik dan lucu

SuaraJawaTengah.id - Kafe kini menjadi tempat nongkrong yang digandrungi para anak muda. Semakin konsepnya unik, kafe tersebut pasti akan ramai dikunjungi. Seperti kafe di Kota Solo ini. 

Kafe kekinian berkonsep cat cafe atau kafe kucing yang biasanya ada di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya, kini sudah bisa ditemukan di Kota Solo.

Saat makan di kafe yang berada di Kota Solo  ini, pengunjung bisa berinteraksi hingga selfie bareng satwa-satwa berbulu ini.

Nah bagi pencinta kucing atau cat lovers tentu penasaran bukan dimanakah alamat kafe kucing di Solo ini? Jawabannya adalah di Jl. Ronggowarsito No.42, Kampung Baru, Solo.

Baca Juga: Jakarta Sebagai Role Model Penanganan Covid-19 di Solo, Gibran Incar Kursi Gubernur DKI?

Menyadur dari Solopos.com, kafe kucing pertama di Solo ini bernama Paw Paw Cafe. Pengunjung bisa dengan mudah menemukannya lantaran tempat makan kekinian ini berlokasi tepat di tepi jalan dan ada papan nama unik dengan gambar kaki kucing.

Desain bangunan kafe kucing pertama di Solo ini mengusung konsep modern minimalis dengan kaca-kaca besar mirip etalase, sehingga pengunjung sudah dapat melihat ulah para satwa-satwa lucu itu dari luar restoran. Tak sedikit di antara mereka duduk di depan jendela kaca, menatap arus lalu lintas di luar.

Menurut owner Paw Paw Cafe, Nadia Arif Firdausi, ide awal mendirikan kafe kucing pertama di Solo adalah berawal dari pengalaman pribadinya. Waktu sedang indekos, dia tidak bisa leluasa berinteraksi dan pelihara kucing padahal dia adalah pencinta satwa cantik itu.

“Dulu itu aku kan ngekos dan aku pencinta kucing juga. Ada sejumlah tempat indekos itu melarang penghuninya memelihara kucing, tapi saya bandel tetap memelihara kucing liar yang nemu di jalan, tapi akhirnya ketahuan juga. Terus dari sana saya ngerasa orang-orang seperti saya yang suka kucing tapi tidak bisa memelihara kucing tetap butuh berinteraksi dengan kucing, stres kan. Akhirnya kepikiranlah bikin tempat seperti ini,” papar Nadia, sapaan akrabnya,  di Paw Paw Cafe Solo, belum lama ini.

Untuk mewujudkan impiannya itu, Nadia ikut semacam program kewirausahaan di kampusnya. Dia membuat proposal dan ternyata lolos. Pada 2019, dia dan temannya mulai persiapan seperti mencari tempat dan tanya-tanya ke kafe kucing lainnya.

Baca Juga: Wow! Soal Cagub DKI, Gibran Disentil Rivalnya Saat Pilkada: Selesaikan Dulu di Solo

Februari 2020 sudah mulai bayar sewa tapi sempat ke-delay opening-nya karena waktu itu bertepatan dengan awal pandemi Corona.

Di Paw Paw Cafe pengunjung bisa memberi cat food untuk kucing-kucing tersebut.
Total ada 18 kucing di Paw Paw Cafe, tapi biasanya hanya delapan kucing yang ditaruh di kafe dan berinteraksi dengan pengunjung.

Untuk pemilihan kucing yang turun ke kafe tentu ada seleksi khusus misalnya dengan melihat kondisi kesehatan kucing.

Paw Paw Cafe merupakan kafe kucing pertama di Solo yang menawarkan para pegunjung yang datang bisa makan dan minum dengan kucing yang cantik dan lucu. (Solopos/Astrid Prihatini W.D.)
Paw Paw Cafe merupakan kafe kucing pertama di Solo yang menawarkan para pegunjung yang datang bisa makan dan minum dengan kucing yang cantik dan lucu. (Solopos/Astrid Prihatini W.D.)

“Tapi biasanya yang turun ke kafe itu adalah kucing-kucing yang memang senang berinteraksi dengan manusia. Begitu dibukain pintu, mereka langsung lari [ke kafe],” papar mahasiswi ISI Solo ini.

Nah, bagi kalian cat lovers yang ingin makan sambil berinteraksi di kafe kucing yang buka mulai pukul 12.00 WIB-20.00 WIB ini ada sejumlah peraturan yang harus dipatuhi, salah satunya adalah pengunjung dilarang memberikan makanan manusia kepada kucing-kucing tersebut.

Selain itu, harga makanannya dijamin enggak bikin kantong jebol kok karena sangat terjangkau misalnya untuk minuman mulai Rp5.000-Rp18.000, sedangkan untuk makanan mulai Rp8.000-Rp27.000. Sedangkan bagi pengunjung yang ingin memberi makan kucing, Paw Paw Cafe juga menyediakan cat food seharga Rp5.000.

Selain di Solo, kafe kucing juga bisa ditemukan di sejumlah kota besar di Indonesia. Mengutip tripzilla.id, ada sejumlah cat cafe di Indonesia antara lain Cutie Cats And Cafe (Jakarta), Cats and Ice Cream Cafe (Bandung), Cat’s Village (Bandung), Snowbell Cat Cafe (Makassar) dan sebagainya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait