facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kemegahan Masjid Agung Semarang MAJT, Paduan Arsitektur Jawa Romawi dan Arab

Pebriansyah Ariefana Kamis, 07 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Kemegahan Masjid Agung Semarang MAJT, Paduan Arsitektur Jawa Romawi dan Arab
Umat muslim melaksanakan salat Id di Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang, Jumat (17/7) [Antara/R Rekotomo].

Masjid Agung Semarang ini salah satu masjid terbesar di Indonesia.

SuaraJawaTengah.id - Kemegahan Masjid Agung Semarang sudah tidak bisa terbantahkan. Masjid Agung Semarang ini salah satu masjid terbesar di Indonesia.

Masjid ini juga biasa dinamakan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Masjid Agung Semarang menempati tanah seluas 10 hektar.

Luas bangunan induk Masjid Agung Semarang untuk shalat 7.6669 meter persegi secara keseluruhan. Masjid Agung Jawa Tengah ini terletak di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari.

Salat Gaib di Masjid Agung Jawa Tengah. (Suara.com/Alfi)
Salat Gaib di Masjid Agung Jawa Tengah. (Suara.com/Alfi)

Masjid Agung Jawa Tengah diarsiteki oleh Ir. H. Ahmad Fanani dari PT. Atelier Enam Jakarta yang memenangkan sayembara desain MAJT pada tahun 2001.

Baca Juga: Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 7-8 Oktober, Ada Paraguay vs Argentina

Desain Arsitektur dari masjid ini memadukan antara tiga budaya yaitu Jawa, Romawi dan Arab. Budaya Jawa ini terlihat dari motif batik di bagian dasar tiang.

Kemudian budaya Romawi di masjid ini dicerminkan dari bangunan 25 pilar di pelataran masjid yang dibuat dengan gaya koloseum Roma, sedangkan budaya Arabnya ini dituangkan di dinding-dinding Masjid Agung Jawa Tengah.

Selain fungsinya sebagai tempat beribadah, desain bangunan serta interior di Masjid Agung Jawa Tengah cukup menarik perhatian wisatawan seperti adanya Al-Quran berukuran raksasa yang ditulis langsung oleh penulis kaligrafi dari universitas Sains dan Ilmu Al Quran, Wonosobo, Jawa tengah yaitu H. Hayatuddin.

Masjid bersejarah beda masa di kota Semarang yakni Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). (Suara.com/Adam Iyasa)
Masjid bersejarah beda masa di kota Semarang yakni Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). (Suara.com/Adam Iyasa)

Hal menarik lainnya dari Masjid Agung Jawa Tengah adalah enam payung hidrolik raksasa yang terdapat di bagian serambi depan masjid yang dapat membuka dan menutup secara otomatis serupa dengan arsitektur bangunan Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

Untuk menunjang tujuannya Masjid Agung sebagai objek wisata, di sini juga dilengkapi dengan wisma penginapan dengan kapasitas 23 kamar berbagai kelas, dan dapat dimanfaatkan oleh para peziarah yang ingin bermalam di Masjid Agung Jawa Tengah.

Baca Juga: PON Papua: Jawa Timur Kawinkan Emas 800 Meter Surface Selam Kolam

Ada banyak hal yang wisatawan dapat lakukan ketika berkunjung ke kawasan Masjid Agung Jawa Tengah, yang salah satunya adalah mengunjungi Museum Kebudayaan Islam yang ada di lantai 3 di Menara Asma Al-Husna.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait