alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ramah Lingkungan, Pertamina Dorong Kendaraan Diesel Gunakan Dex Series

Budi Arista Romadhoni Senin, 18 Oktober 2021 | 13:14 WIB

Ramah Lingkungan, Pertamina Dorong Kendaraan Diesel Gunakan Dex Series
Petugas SPBU tengah mengisikan bahan bakar minyak (BBM) ke mobil. [Dok Pertamina]

Pertamina terus mendorong masyarakat maupun konsumen untuk menggunakan produk bahan bakar minyak (BBM) berkualitas yaitu produk Dexlite maupun Pertamina Dex

SuaraJawaTengah.id - Pertamina terus mendorong masyarakat maupun konsumen untuk menggunakan produk bahan bakar minyak (BBM) berkualitas, tanpa terkecuali BBM jenis gasoil yang dikhususkan untuk kendaraan diesel, yaitu produk Dexlite maupun Pertamina Dex. Kedua produk Dex Series tersebut, telah teruji mampu menghasilkan performa mesin kendaraan yang optimal juga lebih ramah lingkungan.

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Resposibility (CSR) PT Pertamina Patra Niaga Jawa bagian Tengah Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Brasto Galih Nugroho, dalam keterangan pers mengugkapkan kualitas BBM gasoil dapat dilihat dari nilai Cetane Number (CN) setiap produk.

“Dexlite memiki CN 51 sementara Pertamina Dex CN 53. Semakin tinggi nilai CN maka semakin tinggi juga performa yang dihasilkan oleh mesin kendaraan,” ungkap Brasto.

Menurutnya, produk Dex Series juga menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna, sehingga mampu membersihkan ruang mesin dari karat dan kerusakan.

Baca Juga: Inovasi Mahasiswi Asal Medan untuk Eksplorasi Lepas Pantai yang Ramah Lingkungan

“Sehingga mesin lebih awet dan bebas karat akibat pembakaran yang tidak sempurna,” tambahnya.

Selain itu, Brasto menambahkan Dexlite dan Pertamina Dex masuk ke dalam kategori BBM ramah lingkungan, karena kandungan sulfur pada gas buang lebih rendah.

“Oleh karena itu, penggunaan produk Dex Series mampu menjaga lingkungan tetap bersih dari polusi udara,” tandasnya.

Konsumsi Dex Series Kian Meningkat

Brasto menuturkan, Pertamina terus melakukan serangkaian edukasi dan aktivasi untuk meningkatkan tingkat konsumsi BBM diesel yang berkualitas, yaitu Dex Series. Hal itu terlihat dari tingkat konsumsi yang kian meingkat dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Polisi Sebut BBM Langka di Sumut Bukan karena Penimbunan

“Dalam kurun waktu satu tahun terakhir 2020 hingga 2021, ada peningkatan konsumsi Dex Series yang signifikan hingga 17% di Regional Jawa Bagian Tengah yang meliputi Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta,” ujar Brasto.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait