alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Selain Puan Maharani, Ini Deretan Tokoh Wanita yang Berpeluang Jadi Capres 2024

Budi Arista Romadhoni Kamis, 18 November 2021 | 10:54 WIB

Selain Puan Maharani, Ini Deretan Tokoh Wanita yang Berpeluang Jadi Capres 2024
Ketua DPR RI, Dr. (H. C) Puan Maharani. Ada beberapa nama tokoh wanita yang berpeluang maju menjadi Capres 2024. (Dok: DPR)

Ada beberapa nama tokoh wanita yang berpeluang maju menjadi Capres 2024

SuaraJawaTengah.id - Tidak menutup kemungkinan calon presiden pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 nanti akan memilih dari tokoh wanita. Terdapat beberapa nama yang berpeluang menjadi Capres 2024

Menyadur dari Terkini.id jaringan Suara.com, Guru besar Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) Burhan Magenda mengatakan bahwa terdapat empat nama tokoh perempuan yang berpeluang besar maju dalam pilpres 2024.

Keempat nama yang berpeluang menjadi capres 2024 itu yakni Puan Maharani, Sri Mulyani, Yenny Wahid dan Khofifah Indar Parawansa.

Di sisi lain, Burhan mengaku dirinya menyambut baik wacana figur perempuan maju sebagai calon presiden (capres) pada pemilu 2024.

Baca Juga: Wow! Iriana Jokowi dan Yenny Wahid Berpotensi Masuk ke Bursa Capres 2024, Ini Surveinya

“Bagus ada wacana capres perempuan. Tapi, saya kira yang masuk akal adalah jadi calon wakil presiden (cawapres),” kata Burhan Kamis (18/11/2021).

Burhan, menilai bahwa keempat nama tersebut mewakili partai dan golongan. Menurutnya, Yenny Wahid dan Puan Maharani dipastikan tidak memiliki masalah dari sisi massa pemilih mengingat memiliki dukungan dan basis massa besar seperti NU dan PDIP.

Sementara itu, Burhan juga mengatakan, Sri Mulyani dinilai cocok sebagai cawapres. Sebab, ada kemungkinan calon presiden mendatang adalah seorang teknokrat yang ingin memulihkan ekonomi.

Selain tiga tokoh tersebut, ia juga menilai Khofifah Indar Parawansa memiliki peluang untuk dicalonkan. Pasalnya Khofifah memiliki dukungan dari kelompok NU, elektabilitas Khofifah juga cukup baik dibandingkan sejumlah nama lain.

Sementara itu, Pakar komunikasi politik Universitas Paramadina Jakarta Hendri Satrio menilai, meskipun muncul beberapa nama tokoh perempuan yang berpotensi maju sebagai capres, elektabilitas mereka masih jauh di bawah para capres laki-laki.

Baca Juga: Pilpres 2024 Makin Hangat, Ini Alasan Relawan "Curi Start" Deklarasi Dukung Ganjar

Kendati demikian, dia tidak menampik elektabilitas capres perempuan dapat menyaingi capres laki-laki.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait