facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tegas! China Larang Pemain Bola Bertato, Resikonya Tak Bisa Masuk Timnas

Budi Arista Romadhoni Kamis, 30 Desember 2021 | 14:42 WIB

Tegas! China Larang Pemain Bola Bertato, Resikonya Tak Bisa Masuk Timnas
Ilustrasi bola dan gawang. China membuat aturan baru, yaitu melarang pemain bola bertato, resikonya tidak akan bisa lolos ke Timnas. (Shutterstock)

China membuat aturan baru, yaitu melarang pemain bola bertato, resikonya tidak akan bisa lolos ke Timnas

SuaraJawaTengah.id - Bertato kini menjadi gaya hidup. Tak hanya seniman atau artis pesepakbola dunia pun menghiasi gambar-gambar permanen di tubuhnya. 

Namun demikian, kabar mengejutkan datang dari Pemerintah China. Mereka melarang pesepakbola membuat tato dan memerintahkan semua pemain tim nasional yang sudah di tato untuk menghapus atau menutupinya untuk memberi "teladan kepada masyarakat".

Semakin banyak pemain terkenal China yang bertato, termasuk bek internasional Zhang Linpeng yang sebelumnya diminta menutupinya saat tampil membela timnas dan klub Guangzhou FC.

Otoritas olahraga China (GAS) mengatakan Asosiasi Sepak Bola China akan menetapkan persyaratan disiplin untuk pemain tim nasional.

Baca Juga: China Tak Lagi Butuh Produsen Mobil Asing untuk Industri Otomotif

"Tim nasional semua tingkatan akan secara ketat menerapkan syarat-syarat relevan aturan manajemen (dan) sepenuhnya menunjukkan semangat positif pemain sepak bola China dan memberikan teladan yang baik kepada masyarakat," kata GAS seperti dikutip Reuters.

"Tim nasional dan atlet tim nasional U23 dilarang keras memiliki tato baru, dan mereka yang sudah memiliki tato dianjurkan menghapusnya. Dan jika ada keadaan khusus yang disepakati oleh tim, maka (pemain) harus menutupi tato selama latihan dan bertanding," papar GAS.

GAS juga menegaskan tim U-20 dan di bawahnya "dilarang keras" merekrut pemain bertato.

GAS menambahkan tim nasional harus membuat "kegiatan pendidikan ideologis dan politik" yang memperkuat patriotisme pemain.

China gagal ke putaran final Piala Dunia sejak debut mereka pada 2002 dan sepertinya juga akan absen dalam Piala Dunia Qatar 2022.
[ANTARA]

Baca Juga: 5 Pesepakbola Top yang Gantung Sepatu di Tahun 2021

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait