facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral Mobil Polisi Patroli di Desa Wadas, Polres Purworejo Beri Penjelasan

Ronald Seger Prabowo Minggu, 16 Januari 2022 | 21:04 WIB

Viral Mobil Polisi Patroli di Desa Wadas, Polres Purworejo Beri Penjelasan
Mobil polisi melintas di kawasan Desa Wadas, Purworejo menjadi perbincangan di media sosial. [Instagram @wadas_melawan]

Berdasarkan SK Gubernur Jateng Nomor 509/41/2018, Desa Wadas ditetapkan sebagai lokasi penambangan batuan andesit material pembangunan proyek Bendungan Bener Purworejo.

SuaraJawaTengah.id - Polres Purworejo memberikan penjelasan terkait patroli polisi di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo pada Sabtu (15/1/2022).

Kasi Humas Polres Purworejo, Iptu Madrim Suryantoro mengatakan, patroli di Desa Wadas adalah kegiatan rutin. Patroli dilakukan oleh Polsek Bener dan Sat Samapta Polres Purworejo.

“Untuk patroli dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Purworejo. Sebagai wujud pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat,” kata Iptu Madrim saat dihubungi SuaraJawaTengah.id, Minggu (16/1/2022) malam.

Iptu Madrim meminta warga tidak khawatir, sebab patroli bertujuan menjaga keamanan masyarakat.

Baca Juga: Polisi Kerap Datangi Desa Wadas, Sejumlah Warga Alami Trauma

“Dilaksanakan setiap hari, baik siang maupun malam,” ujar Iptu Madrim.

Sebelumnya akun Instagram Gerakan Masyarakat Peduli Alam Desa Wadas (Gempa Dewa) @wadas_melawan mengunggah rekaman video mobil polisi berpatroli di Desa Wadas pada 15 Januari 2022. Mobil Sat Binmas Polres Purworejo itu tampak melintasi jalan-jalan Desa Wadas.

Dalam postingan pada akun IG @wadas_melawan juga disebutkan warga melihat drone mengudara di sekitar Desa Wadas. Warga menduga drone terbang untuk memantau situasi desa.

Terkait dugaan adanya drone mengudara di sekitar Desa Wadas, Kasi Humas Polres Purworejo, Iptu Madrim Suryantoro memastikan drone tersebut bukan milik polisi.

“Kami kurang paham itu drone milik siapa. Kami tidak mengoperasikan drone dalam waktu dekat ini,” kata Iptu Madrim.

Baca Juga: Warga Wadas Kerap Didatangi Aparat, Gempadewa Layangkan Surat Laporan ke Mabes Polri

Berdasarkan SK Gubernur Jateng Nomor 509/41/2018, Desa Wadas ditetapkan sebagai lokasi penambangan batuan andesit material pembangunan proyek Bendungan Bener Purworejo.

Penambangan akan menempati lahan seluas 145 hektare ditambah 8,64 hektare lahan untuk akses jalan menuju proyek. Penambangan akan dilakukan menggunakan metode blasting (peledak) yang diperkirakan menghabiskan 5.300 ton dinamit.

Warga menolak penambangan karena mengancam keberadaan 27 sumber mata air di Desa Wadas yang berarti juga berpotensi merusak lahan pertanian warga.

Bendungan Bener Purworejo adalah proyek strategis nasional yang menempati wilayah 3 Kecamatan Bener, Kepil, dan Gebang di Kabupaten Porworejo dan Wonosobo.

Kontributor : Angga Haksoro Ardi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait