facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pramuka Jadi Wadah Pembentuk Karakter Generasi Penerus

Ronald Seger Prabowo Kamis, 27 Januari 2022 | 22:02 WIB

Pramuka Jadi Wadah Pembentuk Karakter Generasi Penerus
Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowo didampingi Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kudus Hartopo usai pelatinkan Mabicab dan pengurus kwartir cabang (Kwarcab) di Pendopo Kabupaten Kudus, Jateng, Kamis (27/1/2022). [ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif]

Momen pelantikan pengurus untuk memperkuat solidaritas dan sinergi dalam gerakan Pramuka untuk mencetak generasi unggul bangsa.

SuaraJawaTengah.id - Gerakan Pramuka mampu menjadi wadah pembentukan karakter generasi penerus yang berjiwa mulia dan nasionalisme tinggi.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowo, di sela-sela pelantikan Mabicab dan pengurus kwartir cabang (Kwarcab) gerakan pramuka Kudus masa bakti 2021-2026 di Pendopo Kabupaten Kudus, Kamis (27/1/2022).

"Kami juga meminta Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kudus yang baru dilantik mendukung penuh setiap misi yang akan dilaksanakan gerakan Pramuka karena selaras dengan program pemerintah," kata Atikoh dikutip dari ANTARA.

Prosesi pelantikan dipimpin secara langsung oleh Ketua Kwarda Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowo yang melantik jajaran Mabicab.

Baca Juga: Lingkaran Setan Makan Korban, IPNU Minta Guru Kontrol Kegiatan Pramuka

Selanjutnya, Bupati Kudus Hartopo sebagai Ketua Mabicab melantik jajaran pengurus Kwarcab yang diketuai oleh Mawar Anggraeni.

Menurut Atikoh, Pramuka merupakan wadah pembentuk karakter generasi penerus seperti bagaimana anak-anak menghayati dan mengimplementasikan nilai-nilai kepramukaan.

"Untuk itu, ketua Mabicab harus memberikan dukungan fasilitasi dan motivasi agar Kwarcab semakin berjaya, mengingat gerakan pramuka  mitra pemerintah dalam setiap kegiatan," katanya.

Ia mengungkapkan pelantikan kepengurusan baru dapat dilaksanakan pada tahun ini mengingat tahun lalu kondisi pandemi yang belum kondusif. Namun, meski begitu pihaknya tetap memantau kegiatan  Kwarcab Pramuka Kudus di bawah kepemimpinan yang baru.

"Kami apresiasi Ketua Kwarcab Kudus yang telah gerak cepat menjalankan kegiatan-kegiatan Pramuka peduli yang berhubungan dengan sosial kemasyarakatan pada tahun lalu. Saya pantau kinerja kak Mawar luar biasa sekali sejak SK diturunkan langsung bergerak cepat lewat acara-acara sosial kemasyarakatan dan edukasi," ungkapnya.

Baca Juga: 18 Siswa SMAN 1 Ciamis Jadi Korban Lingkaran Setan, Polisi Tunggu Hasil Visum

Ketua Mabicab Hartopo meminta momen pelantikan pengurus untuk memperkuat solidaritas dan sinergi dalam gerakan Pramuka untuk mencetak generasi unggul bangsa.
.
"Dibutuhkan komitmen yang kuat, loyalitas, kejujuran dan siap bekerja keras," katanya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kudus Mawar Anggraeni mengungkapkan sudah menyiapkan rencana organisasi dalam waktu dekat. 

"Sudah berjalan program di tengah pandemi yang dilaksanakan sampai ke ranting dalam mengimbau masyarakat disiplin prokes. Pramuka peduli juga semakin aktif dan tanggap terkait kebencanaan termasuk pandemi saat ini," ujarnya. 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait