facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bangun Kesadaran Hidup Higienis, TNI-Polri Bangun 300 Jamban untuk Warga Wadas

Ronald Seger Prabowo Kamis, 17 Februari 2022 | 20:55 WIB

Bangun Kesadaran Hidup Higienis, TNI-Polri Bangun 300 Jamban untuk Warga Wadas
Kegiatan Bakti sosial TNI-Polri di Wadas Purworejo terus berlanjut. [dok humas Polda Jateng]

TNI-Polri juga berupaya untuk meningkatkan wawasan dan kesadaran warga termasuk dalam bidang kesehatan.

SuaraJawaTengah.id - Kegiatan Bakti sosial TNI-Polri di Wadas Purworejo terus berlanjut. Hal ini dilakukan dalam rangka Harkamtibmas dan mencairkan komunikasi antara warga pro dan kontra penambangan andesit di kawasan tersebut.

Lebih dari itu, TNI-Polri juga berupaya untuk meningkatkan wawasan dan kesadaran warga termasuk dalam bidang kesehatan.

Berdasar pengamatan, saat ini warga Wadas banyak yang belum menggunakan cara higienis ketika buang air besar sehingga pembuatan jamban keluarga menjadi prioritas kegiatan bakti sosial TNI-Polri.

Terkait kegiatan bakti sosial TNI-Polri di Wadas, Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menjelaskan bahwa TNI-Polri berusaha mendorong taraf hidup warga Wadas dalam banyak aspek.

Baca Juga: Kementerian ESDM Tegaskan Pemerintah Tak Perlu Punya IUP dan SIPB untuk Penambangan Batuan Andesit di Wadas

"Kegiatan yang dilakukan TNI-Polri dalam rangka Harkamtibmas dilaksanakan dengan menyentuh aspek psikologis maupun aspek fisik kehidupan warga. Setelah Psikoedukasi, baksos dan perbaikan sarana ibadah, Saat ini kita fokuskan untuk mengajak warga untuk sadar kebersihan dan kesehatan," ungkap Iqbal, Kamis (17/2/2022) sore.

Adapun upaya yang dilakukan saat ini adalah membangun ratusan jamban bagi warga Wadas.

"Target 300 jamban kita bangun untuk desa Wadas. Kegiatan dipimpin Kapolsek dan Danramil Kecamatan Bener," tambah Kabidhumas.

Diungkapkan, kegiatan pembangunan jamban untuk warga atau jambanisasi kali ini melibatkan 45 personil dari Polres dan Kodim Purworejo.

"Adapun sasaran giat bakti sosial hari ini ada di dusun Kaliawis, Kalimanggis dan Mberan Desa Wadas," terangnya.

Baca Juga: Tak Ada Izin Usaha Tambang Batu Andesit di Desa Wadas, Menteri ESDM: Untuk Kepentingan Nasional, Tidak Dikomersialkan

Kabidhumas menjelaskan kegiatan Harkamtibmas pada dasarnya merupakan kegiatan rutin yang dilakukan aparat. Sifat kegiatan Harkamtibmas sangat fleksibel dan bertujuan utama untuk memelihara stabilitas kamtibmas dan ketentraman warga.

"Baksos, silaturahmi dan jambanisasi merupakan bagian dari upaya TNI-Polri untuk memelihara kondusifitas dan ketentraman warga, termasuk masyarakat desa Wadas. Diharapkan situasi Wadas menjadi lebih kondusif, silaturahmi warga pro dan kontra dapat segera akrab seperti semula," ungkapnya.

Sementara Kades Wadas, Fahri Setyanto, menyambut baik kegiatan baksos TNI-Polri ini. Dirinya menilai kehadiran baksos TNI-Polri membawa nilai positif yang luar biasa bagi warga Wadas.

"Melalui baksos dan perbaikan sarana ibadah yang dilakukan TNI dan Polri, kehidupan warga Wadas menjadi lebih baik. Apalagi saat ini ada program pembangunan 300 jamban.

"Mewakili warga, saya mengucapkan banyak terimakasih TNI Polri yang sudah bangunkan 300 Jamban dan Sumur Bor di desa kami" ungkap Fahri.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait