facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Momen Duduk Bersebelahan di Jumenengan KGPAA Mangkunegaran X, Putra Mahkota Keraton Solo Ajak Gusti Moeng Foto Bareng

Ronald Seger Prabowo Minggu, 13 Maret 2022 | 19:02 WIB

Momen Duduk Bersebelahan di Jumenengan KGPAA Mangkunegaran X, Putra Mahkota Keraton Solo Ajak Gusti Moeng Foto Bareng
Putra Mahkota Keraton Kasunanan KGPH Purboyo saat duduk disebelah GKR Wandansari Koes Moertiyah atau Gusti Moeng di upacara Jumenengan KGPAA Mangkunegara X. [Suara.com/Ari Welianto]

Putra Mahkota Keraton Kasunanan Surakarta KGPH Purboyo duduk di sebelah GKR Wandansari Koes Moertiyah atau Gusti Moeng.

SuaraJawaTengah.id - Dalam prosesi Jumenengan Dalem Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara X, Sabtu (12/3/2022) kemarin ada satu hal yang menjadi perhatian. 

Di mana Putra Mahkota Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat KGPH Purbaya yang hadir dalam prosesi jumenengan sempat duduk bersebelahan dengan GKR Wandansari Koes Moertiyah atau Gusti Mung di Pendapi Ageng Pura Mangkunegaran. 

Dalam kesempatan tersebut KGPH Purbaya duduk ditengah diantara Gusti Moeng dan GKR Timoer Rumbai. Mereka pun sempat saling berbincang-berbincang. 

Hanya saja tak berselang lama posisi duduk mereka berbeda. KGPH Purbaya bertukar tempat dengan GKR Timoer Rumbai di sebelah utara.

Baca Juga: Hadiri Pengukuhan KGPAA Mangkunegara X, Jokowi Sampaikan Ucapan Selamat kepada GPH Bhre Chakrahutomo Wira Sudjiwo

GKR Wandansari Koes Moertiyah saat dikonfirmasi mengatakan tadi KGPH Purbaya sempat minta tadi foto bersama mengingat sudah lama tidak bertemu. 

"Ia hanya ngomong, mangke foto ngeh tante. Karena lama sekali tidak pernah ketemu," ujar Gusti Moeng saat ditemui, Sabtu (12/3/2022). 

Adik Raja Keraton Kasunanan Surakarta Sinuhun Paku Buwono (PB) XIII ini pun menjawab jika kamu menutup diri. Apalagi sekarang keraton ditutup sehingga tidak bisa masuk ke dalam keraton atau berkomunikasi. 

"Lha koe menutup diri, tak ngonokno wae. Dia kan sekolah di Semarang, jadi pulang kalau ada acara saja. Sementara keraton ditutup oleh ibunya, jadi kita tidak bisa berkomunikasi," tandas Sekretaris Jenderal (Sekjen) Forum Komunikasi dan Informasi Keraton Nusantara (FKIKN) ini.  

Menurutnya, tidak ada pembicaraan lain karena dia kemudian pindah. Dia pindah bukan karena keinginannya, tapi diminta pindah oleh ibunya.

Baca Juga: Sempat Ramai Disebut Penerus Takhta, GPH Paundrakarna Tak Hadir di Pengukuhan Mangkunegara X

Gusti Moeng pun sempat menegur orang yang minta KGPH Purbaya pindah. "Kamu kan, ini bukan Keraton tapi Mangkunegaran. Protokolernya sudah ada sendiri dari sini, kok ngatur-ngatur," sambung Putri PB XII ini.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait