facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Masjid Kauman Semarang Dipadati Ratusan Jemaah Setiap Ramadhan yang Mengikuti Semaan Alquran

Ronald Seger Prabowo Selasa, 12 April 2022 | 15:30 WIB

Masjid Kauman Semarang Dipadati Ratusan Jemaah Setiap Ramadhan yang Mengikuti Semaan Alquran
Ratusan warga dari berbagai daerah memadati Masjid Kauman, Semarang mengikuti Semaan Alquran. (12/4/2022). [Suara.com/Anin Kartika]

Semaan adalah tradisi membaca dan mendengarkan pembacaan Alquran di masjid-masjid dan pesantren umumnya.

SuaraJawaTengah.id - Masjid Agung Semarang atau yang kerap dikenal dengan Masjid Kauman, selalu dipadati ratusan jemaah setelah dzuhur setiap bulan Ramadhan

Ratusan jemaah tersebut datang dari berbagai daerah dan mayoritas merupakan lansia, mereka datang untuk mengikuti Semaan Alquran di masjid yang terletak di kawasan Alun-alun Semarang tersebut. 

Sebagai informasi, semaan adalah tradisi membaca dan mendengarkan pembacaan Alquran di masjid-masjid dan pesantren umumnya.

Dari pantauan Suarajawatengah.id, ratusan orang baik laki-laki maupun perempuan, tampak  memadati bagian dalam masjid Kauma hingga teras masjid, mereka tampak kusyuk mengikuti Semaan Alquran.

Baca Juga: Tata Cara Itikaf di 10 Hari Terakhir Ramadahan, Apa Saja yang Perlu Dilakukan?

Warga Mranggen, Lia (52) menuturkan bersama sang suami, ia selalu menyempatkan diri untuk datang ke masjid kauman setiap hari pada bulan Ramadhan. 

"Saya berangkat jam 11 dari rumah, terus sholat dzuhur lanjut ikut Semaan," ucap Lia kepada SuaraJawaTengah.id, Selasa (12/4/2022).

Ia mengaku, sudah lima tahun terakhir rutin mengikuti pengajian yang digelar oleh pengurus Masjid Kauman saban Ramadhan. 

"Dari 2017, hampir setiap hari ke sini karena sekalian mengisi kegiatan," tuturnya.

Menurut Lia, manfaat mengikuti Semaan Alquran semakin memperkaya dirinya mendapatkan ilmu tafsir Alquran yang diberikan oleh Kyai. 

Baca Juga: Hindari Bau Mulut hingga Gigi Rusak Selama Puasa Ramadhan, Ikuti Kiat Ini

"Kami disini kan menyimak bacaan Alquran dari kyai dan juga diajarkan tafsir Alquran," ujar Lia. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait