facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sebanyak 70 Ribu Kendaraan Sudah Tinggalkan Jawa Tengah Lewat Tol, Besok Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik

Budi Arista Romadhoni Sabtu, 07 Mei 2022 | 15:27 WIB

Sebanyak 70 Ribu Kendaraan Sudah Tinggalkan Jawa Tengah Lewat Tol, Besok Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik
ā€ˇKendaraan pemudik melintas di ruas tol Pejagan-Pemalang yang masih diberlakukan one way, Sabtu (7/5/2022). [Suara.com/F Firdaus]

Sekitar 70 kendaraan pemudik meninggalkan Jawa Tengah melalui Tol Pejagan-Pemalang saat hari pertama pemberlakuan one way ke arah Jakarta

SuaraJawaTengah.id - ‎Sekitar 70 kendaraan pemudik meninggalkan Jawa Tengah melalui Tol Pejagan-Pemalang saat hari pertama pemberlakuan one way ke arah Jakarta. Puncak peningkatan volume kendaraan diprediksi terjadi pada Minggu (8/5/2022) atau H+6 Lebaran.

Kepala Seksi Pelayanan Transaksi PT Pejagan-Pemalang Tol Road Deni Harjono mengungkapkan, peningkatan volume kendaraan arus balik sudah terjadi sejak Jumat (6/5/2022) atau saat mulai diberlakukannya sistem one way dari Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang.

"Jumlah kendaraan yang melintas sampai dengan tadi malam ini masih didata‎. Tapi data sementara, sekitar 70 ribu kendaraan," kata Deni, Sabtu (7/5/2022).

Menurut Deni, peningkatan volume kendaraan tersebut berimbas pada kepadatan di rest area yang ada di sepanjang ruas ‎tol Pejagan-Pemalang. Untuk mengurangi kepadatan, diberlakukan buka tutup di rest area tipe B.

Baca Juga: Periode 4-6 Mei 2022, 111.700 Penumpang Tiba di Stasiun Gambir hingga Bekasi

"Semalam terjadi kepadatan di rest area‎ dan diberlakukan buka tutup di beberapa rest area tipe B. Dari tujuh rest area yang di ada di ruas Pejagan-Pemalang, ada tiga rest area tipe B," ujarnya.

Deni memperkirakan peningkatan volume kendaraan pemudik yang akan kembali ke Jakarta masih akan terjadi. Diprediksi puncak kepadatan arus balik terjadi pada Minggu (8/5/2022).

"Perkiraan, jumlah kendaraan yang melintas saat puncak arus balik bisa mencapai sekitar 90 ribu kendaraan," ucapnya.

Deni juga mengungkapkan, pada puncak arus mudik, yakni 29 April 2022 atau H-3 Lebaran, jumlah kendaraan yang masuk ke Jawa Tengah melalui tol mencapai 87 ribu unit.

"Dilihat dari kepadatannya, H-3 Lebaran adalah puncak arus mudik. Jumlah kendaraan yang melintas juga sesuai dengan prediksi," kata dia.

Baca Juga: Arus Balik H+3 Lebaran, 815.612 Kendaraan Warga Kembali Masuk ke Wilayah Jabotabek

Sementara itu kondisi arus lalu lintas di ruas Tol Pejagan-Pemalang sendiri terpantau masih lancar kendati sudah ada peningkatan kepadatan kendaraan. Ketersendatan hanya terlihat di pintu masuk rest area.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait