facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Antisipasi Hepatitis Akut, Brebes Berlakukan PJJ Usai Libur Lebaran

Ronald Seger Prabowo Senin, 09 Mei 2022 | 20:50 WIB

Antisipasi Hepatitis Akut, Brebes Berlakukan PJJ Usai Libur Lebaran
Ilustrasi pembelajaran di kelas. [Allianz]

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes memberlakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di sekolah jenjang TK hingga SMP usai libur Lebaran.

SuaraJawaTengah.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes memberlakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di sekolah jenjang TK hingga SMP usai libur Lebaran.

Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Hepatitis Akut yang sedang merebak di Indonesia. PJJ diberlakukan selama tiga hari.

‎Hal itu diungkapkan Bupati Brebes Idza Priyanti saat memimpin apel pagi ASN pada hari pertama kerja usai libur Lebaran di Pendopo Kanjengan, Senin (9/5/2022). 

"Untuk mengantisipasi wabah Hepatitis Akut, mulai hari ini, sistem pembelajaran jarak jauh atau PJJ diterapkan di Brebes," ujarnya.

Baca Juga: Penyebab Munculnya Hepatitis Masih Misterius, Menkes Imbau Masyarakat Perhatikan Kebersihan Asupan Makanan Anak

Langkah tersebut‎, ujar Idza, juga untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 usai libur Lebaran dan dampak kemacetan karena arus balik Lebaran. 

‎Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes Caridah mengatakan, PJJ diberlakukan di semua sekolah jenjang TK, SD dan SMP. 

"PJJ dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 9 sampai dengan 12 Mei. Ini demi menjaga kesehatan anak-anak setelah libur Lebaran," kata Caridah, Senin (9/5/2022).

Menurut Caridah, saat momen Lebaran banyak para siswa dan keluarganya yang melakukan perjalanan ke luar kota untuk bersilaturahmi atau berlibur. Sehingga perlu upaya antisipasi penyebaran Hepatitis Akut. 

"Selain itu, ini juga sesuai imbauan menteri, untuk memperpanjang libur siswa setelah Idul Fitri," jelasnya.

Baca Juga: Dua Anak di Sumut Diduga Terpapar Hepatitis Misterius, Ini Penjelasan Kandinkes

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Brebes Ineke Tri S mengatakan, pertimbangan diberlakukan PJJ yakni karena Brebes merupakan pintu masuk ke Jawa Tengah dan munculnya kasus Hepatitis Akut di sejumlah daerah yang belum diketahui penyebabnya.

‎"Hepatitis yang selama ini kita kenal kan dari virus A, B, C, D, E ya. Yang saat ini muncul itu masih belum jelas penyebabnya. Di Brebes sampai sekarang tidak ada dan semoga tidak ada," ujarnya, Senin (9/5/2022).

‎Ineke mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai salah satu upaya dalam menjaga kesehatan, termasuk dari penularan Hepatitis Akut.

"Perlu ada ada kewaspadaan dan peningkatan promotif dan preventif untuk perilaku hidup bersih dan sehat," tandasnya.

Kontributor : F Firdaus

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait