facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sempat Dicegah Jadi Pemain Bulu Tangkis, Bilqis Prasista Bantai Atlet Nomor 1 Dunia

Budi Arista Romadhoni Kamis, 12 Mei 2022 | 08:40 WIB

Sempat Dicegah Jadi Pemain Bulu Tangkis, Bilqis Prasista Bantai Atlet Nomor 1 Dunia
Bilqis Prasista (Instagram/badminton.ina)

Bilqis Prasista, atlet bulu tangkis berusia 18 tahun itu mengalahkan pebulu tangkis nomer 1 dunia, Akane Yamaguchi

SuaraJawaTengah.id - Semua mata saat ini tertuju pada Bilqis Prasista. Atlet bulu tangkis berusia 18 tahun yang mengalahkan pebulu tangkis nomer 1 dunia, Akane Yamaguchi.

Bilqis yang berada di urutan 333 dunia sama sekali tidak dijagokan pada ajang Uber Cup 2022 di Bangkok, Thailand. Diterjunkan sebagai tim lapis kedua, Bilqis malah berhasil membuat kejutan.

Bilqis mengalahkan Akane Yamaguchi 2 set langsung, 21-19 dan 21-19. “Saya sendiri nggak nyangka juga, ya kaget juga,” kata Zelin Resiana, ibunda Bilqis saat ditemui di rumah keluarga besarnya di Dusun Brontokan, Desa Danurejo, Kecamatan Mertoyudan, Magelang, Rabu (11/5/2022) malam.

Secara genetis Bilqis dialiri darah bulu tangkis. Sang ibu Zelin Resiana, mantan pebulu tangkis nasional yang pernah 2 kali membela Indonesia pada Piala Uber tahun 1994 dan 1996.

Baca Juga: Akane Menangis Usai Kalah Melawan Bilqis di Piala Thomas dan Uber 2022, Warganet: 'Jangan Sedih Akane!'

Berbeda dengan Bilqis yang bertanding di partai tunggal, Zelin pebulu tangkis spesialisasi ganda. Dia memenangi China Taipe Open tahun 1993 bersama Denny Kantono.

Di ganda putri, Zelin sering dipasangkan dengan Eliza Nathanael. Pasangan ganda putri ini pernah 2 kali menggondol medali emas Indonesia Open dan medali perak All England tahun 1995 dan 1997.

Empat tahun kemudian, Zelin yang kelahiran Magelang, 9 Juli 1972 menikah dengan Joko Supriyanto, sesama atlet bulu tangkis nasional.

Joko Supriyanto pernah memenangkan piala IBF tahun 1993 melalui drama all Indonesia final melawan rekan senegara Hermawan Susanto. Joko 4 kali berturut-turut memenangkan piala Thomas bersama tim Indonesia tahun 1994, 1996, 1998, dan 2000.

Telah berstatus pasangan suami-istri, Joko Supriyanto dan Zelin Resiana pernah sama-sama bertanding membela Indonesia pada ajang Olimpiade Sedney tahun 2000. Sayang keduanya tersingkir pada pada babak perempat final.

Baca Juga: Abdul Rozak Viral di Twitter usai Bilqis Kalahkan Pebulutangkis Nomor 1 Dunia

Pada 24 Maret 2003, Zelin melahirkan anak kembar Bilqis Prasista dan Bilqis Pratista. “Lahir disini (Magelang). Kebetulan waktu itu (Joko Supriyanto) rutin di pelatnas. Begitu tahu saya hamil kembar, (diputuskan melahirkan) disini. Aman,” kata Zelin.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait