facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dinilai Mampu Memberikan Lapangan Pekerjaan untuk Generasi Z, Prabwo Subianto Unggul di Survei SPIN

Budi Arista Romadhoni Rabu, 08 Juni 2022 | 08:29 WIB

Dinilai Mampu Memberikan Lapangan Pekerjaan untuk Generasi Z, Prabwo Subianto Unggul di Survei SPIN
Prabowo Subianto.

Prabowo Subianto unggul di survei SPIN, ia pun disebut-sebut menjadi presiden berikutnya setelah Jokowi

SuaraJawaTengah.id - Direktur Survey dan Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara mengatakan bahwa hasil survei pada bulan Mei 2022 menunjukkan 27,7 persen generasi Z dan milenial (generasi Y) memilih Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk menjadi presiden berikutnya.

"Temuan menunjukkan Prabowo masih menjadi pilihan utama bagi sebagian besar generasi Z dan milenial. Andai Pemilu dilaksanakan hari ini, ada 27,7 persen gen Z dan Y yang memilih Prabowo menjadi presiden berikutnya," kata Igor ketika menyampaikan hasil survei dalam Ekspos Survei Nasional Kepemimpinan Nasional 2024, yang disiarkan di platform Zoom Meeting, di Jakarta, Senin (8/6/2022).

Igor menjelaskan bahwa generasi Z dan milenial memandang Prabowo sebagai sosok yang mampu menjamin masa depan generasi muda, khususnya terkait dengan lapangan pekerjaan.

"Itu sebabnya, dalam survei SPIN ini, Prabowo memperoleh dukungan tertinggi dari kalangan Gen Z dan Gen Y," kata Igor.

Baca Juga: Soal Capres-Cawapres PDIP Ada di Tangan Megawati, Hasto: Kader Jangan Ikut-ikutan Dansa Politik, Fokus Bergerak ke Bawah

Prabowo, kata Igor, telah secara konstan berada di dalam tiga besar calon presiden pilihan masyarakat di beberapa lembaga survei lainnya. Capaian ini bahkan sebelum Prabowo mendeklarasikan diri sebagai calon presiden, belum memasang baliho, dan belum memiliki calon wakil presiden.

"Kinerja Pak Prabowo sebagai Menhan itu juga dianggap bagus, seperti modernisasi alutsista, bagaimana komcad atau komponen cadangan itu juga digulirkan," kata Igor.

Sebesar 68,5 persen responden generasi Z dan milenial juga menyukai kunjungan Prabowo kepada sejumlah tokoh nasional dan ulama di awal Lebaran 2022, serta 54,3 persen dari responden menilai tidak ada yang salah dengan kunjungan tersebut karena memang merupakan momen Lebaran dan banyak orang melakukan silaturahmi.

"Safari Prabowo ke ulama itu, yang kemarin waktu Lebaran, itu dianggap positif. Ini yang mengakibatkan elektabilitas Pak Prabowo itu naik, jadi pemilih muslim juga simpati. Itu yang menyebabkan elektabilitas Pak Prabowo naik," ucapnya.

Bahkan, pemilih pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin pada tahun 2016, menurut Igor, berpotensi menjadi pemilih Prabowo pada tahun 2024, di samping menjadi pemilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Orasi Ilmiah di Hadapan Wisudawan Universitas Pancasila, Prabowo Subianto: Saya Tahu Kalian Sudah Resah

Di sisi lain, posisi elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di peringkat kedua dan ketiga dengan perolehan masing-masing 15,5 persen dan 14,1 persen.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait