facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Diciduk di Rumah Istri, Pimpinan Khilafatul Muslimin yang Ditangkap Polres Brebes Bawahi 10 Daerah

Ronald Seger Prabowo Rabu, 08 Juni 2022 | 22:08 WIB

Diciduk di Rumah Istri, Pimpinan Khilafatul Muslimin yang Ditangkap Polres Brebes Bawahi 10 Daerah
Anggota Satreskrim Polres Brebes menggiring AJ, amir kelompok Khilafatul Muslimin yang baru saja ditangkap untuk diperiksa di Mapolres Brebes, Rabu sore (8/6/2022).‎ [Suara.com/F Firdaus]

Selain AJ, Polres Brebes juga sudah menangkap tiga orang pimpinan Khilafatul Muslimin Brebes bernisial G, AS, dan D.

SuaraJawaTengah.id - Polres Brebes menangkap AJ (30), terkait kelompok Khilafatul Muslimin. AJ disebut seorang pimpinan Khilafatul Muslimin yang membawa 10 daerah.

Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto mengungkapkan, AJ ‎ditangkap di rumah istrinya di Desa Slarang Lor, Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal.

Tempat tinggal AJ itu berada tak jauh dari sekretariat Khilafatul Muslimin yang berada di Jalan Nakula-Lumbung, Desa Slarang Lor.

"Jam tiga sore tadi kita amankan satu orang yang berperan sebagai penggerak konvoi Khilafatul Muslimin di Kabupaten Brebes," kata Faisal, Rabu petang (8/6/2022).

Baca Juga: Polres Brebes Kembali Tangkap Satu Orang Terkait Khilafatul Muslimin

‎Menurut Faisal, AJ menjabat sebagai Amir Wilayah Cirebon Raya dalam kelompok Khilafatul Muslimin

Sebagai amir, dia membawahi 10 cabang atau Umul Quro, yakni Tasikmalaya, Majalengka, Cirebon, Brebes, Tegal, Pemalang, Kebumen, Banjarnegara, Purwokerto, dan Purbalingga.  

"Keterlibatan lainnya dalam kegiatan-kegiatan Khilafatul Muslimin, nanti akan kita kembangkan. Saat ini masih kita lakukan pemeriksaan," ujar Faisal.

Sebelumnya, Kepala Satreskrim Polres Brebes AKP Syuaib Abdullah juga membenarkan adanya penangkapan tersebut. Penangkapan dilakukan pada Rabu sore (8/6/2022).

‎"Jadi benar, sekitar jam 15.00 WIB, kami mengamankan satu orang jemaah Khilafatul Muslimin, setelah kita periksa tiga orang yang sebelumnya kita amanan," katanya, Rabu petang (8/6/2022).

Baca Juga: Fakta Ponpes Al Mukmin Ngruki yang Bantah Terlibat Khilafatul Muslimin

Syuaib belum dapat menjelaskan lebih lanjut terkait peran dan keterlibatan AJ dalam organisasi Khilafatul Muslimin. Hal ini karena masih dilakukan pemeriksaan.

‎"Keterlibatannya masih kita dalami, masih kita periksa.‎ Tapi salah satu perannya adalah dalam hal menyerukan untuk melakukan konvoi," ucapnya.

Sementara itu, AJ tampak dibawa ke Mapolres Brebes menggunakan sebuah minimbus oleh sejumlah anggota Satreskrim. Dia kemudian langsung digiring ke salah satu ruang pemeriksaan ‎Satreskrim. 

Saat digiring, AJ tak mengeluarkan sepatah kata pun. Dia terus berjalan menuju ruang pemeriksaan. 

Selain AJ, Polres Brebes juga sudah menangkap tiga orang pimpinan Khilafatul Muslimin Brebes bernisial G, AS, dan D. Ketiganya ditangkap setelah beredar video konvoi kelompok tersebut belum lama ini.

‎Setelah dilakukan pemeriksaan, ketiganya kemudian ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di rutan Mapolres Brebes sejak Senin (6/6/2022) malam.

Kontributor : F Firdaus

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait