facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cerita Seru Pertandingan Catur di Atas Kereta Api Jalur Purwokerto-Cilacap, Diikuti Empat Master Catur Internasional

Ronald Seger Prabowo Selasa, 14 Juni 2022 | 17:38 WIB

Cerita Seru Pertandingan Catur di Atas Kereta Api Jalur Purwokerto-Cilacap, Diikuti Empat Master Catur Internasional
Atlet catur bertanding dalam laga eksebisi di atas rangkaian kereta api Kamandaka relasi Stasiun Purwokerto-Gumilir, Selasa (14/6/2022). [Suara.com/Anang Firmansyah]

Bermain catur di atas rangkaian kereta api masih nyaman dan tidak menggangu konsentrasi meski harus melakukan pertandingan yang membutuhkan ketenangan.

SuaraJawaTengah.id - Pertandingan catur biasanya dihelat di sebuah gedung maupun ruangan yang membutuhkan ketenangan. Namun, hal berbeda terlihat di Kabupaten Banyumas.

Empat atlet master catur Internasional unjuk gigi di rangkaian Kereta Api (KA) Kamandaka relasi Purwokerto – Gumilir yang digelar PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daerah Operasi 5 Purwokerto, Selasa (14/6/2022).

Mereka Heladyanda Mutiara Mamuntu (11) asal Banyumas. Prestasinya meraih Peringkat 3 Catur Cepat U8-Malaysia Open dan Peringkat 2 Kejurprov Jawa Tengah 2019.

Lalu Alya Sekar Kinasih (21) asal Banyumas, seorang Women Fide Master serta mendapatkan Medali Perak PON Papua 2021.

Baca Juga: Kelompok Bersenjata Berhasil Selamatkan 11 Penumpang yang Diculik Dalam Serangan Sebuah Kereta Api di Nigeria

Akmalnaidi Akbar (21) asal DKI Jakarta, National Master dan Peringkat 1 SCUA Fide rates Chess Tournament 2022 serta Farid Firmansyah (28) asal Jawa Barat, dengan prestasi Internasional Master, Juara 3 Fide Online World Corporate Chess Championship 2021 dan peraih 2 Medali Emas PON Papua 2021.

Menurut Kepala Daop 5 Purwokerto, Daniel Johannes Hutabarat, kegiatan tersebut sebagai bentuk promosi moda transportasi KA khususnya pada KA Kamandaka relasi Cilacap – Semarang Tawang PP serta menyosialisasikan penggunaan KAI Access dan KAI Pay, sekaligus kenyamanan menggunakan KA.

"Kami menyelenggarakan event catur ini, yang pertama kali ya di atas kereta api. Sedangkan pelaksanaan pertandingan yang diselenggarakan di dalam kereta yang sedang berjalan tentunya menjadi event yang unik dan menarik," katanya kepada wartawan, Selasa (14/6/2022).

Hal ini juga sebagai pembuktian bahwa bermain catur di atas rangkaian kereta api masih nyaman dan tidak menggangu konsentrasi meski harus melakukan pertandingan yang membutuhkan ketenangan.

Selain pelaksanaan pertandingan catur, kegiatan tersebut juga untuk menyosialisasikan cara pembelian tiket menggunakan KAI Access dan pembayaran terbaru secara elektronik menggunakan KAI Pay. 

Baca Juga: Tidur Pulas di Perlintasan Kereta Api, Pemuda Asal Kebonpedes Nyaris Tewas Usai Terserempet KA Sukabumi-Cipatat

"Untuk diketahui bahwa sejak pandemi Covid-19 stasiun tidak lagi melayani pemesanan tiket, semua transaksi pembelian tiket sudah menggunakan KAI Access dan melalui mitra resmi penjualan tiket KAI yang lain," jelasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait