facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Lima Fungsi Oli Mesin Kendaraan, Tidak Hanya Sebagai Pelumas

Budi Arista Romadhoni Minggu, 26 Juni 2022 | 06:00 WIB

Lima Fungsi Oli Mesin Kendaraan, Tidak Hanya Sebagai Pelumas
Ilustrasi mengisi oli mesin mobil. Fungsinya tidak hanya sebagai pelumas. (Shutterstock).

Pemilik kendaraan wajib melakukan pergantian oli secara berkala guna menjaga kondisi mesin tetap optimal sekaligus menjaga keawetan komponen-komponen di dalamnya

SuaraJawaTengah.id - Pemilik kendaraan wajib melakukan pergantian oli secara berkala guna menjaga kondisi mesin tetap optimal sekaligus menjaga keawetan komponen-komponen di dalamnya.

Pelumas atau oli mesin umumnya dilengkapi beragam kandungan, misalnya zat aditif yang bertujuan meningkatkan kualitas base oil dan atau memberikan property baru dari sebuah produk pelumas.

Berikut lima fungsi penting oli mesin kendaraan dilansir siaran pers Pertamina Lubricants (PTPL) pada Sabtu (25/6/2022).

1. Pelumas

Baca Juga: Heboh Oli Merek Shell Berlogo Yamaha pada Tutupnya, Publik: Limited Edition Mbah

Ilustrasi mesin mobil. (freepik)
Ilustrasi mesin mobil. (freepik)

Fungsi utama oli mesin adalah memberikan pelumasan terhadap setiap komponen mesin yang membutuhkan pelumasan. Keberadaan oli itulah yang bertugas mencegah terjadinya gesekan antarsuku cadang seperti piston dan dinding silinder. Meski begitu, pemilik harus jeli memilih produk berkualitas dengan spesifikasi sesuai kebutuhan kendaraan.

2. Mencegah kebocoran gas di ruang bakar

Ilustrasi mesin mobil. (Pixabay.com)
Ilustrasi mesin mobil. (Pixabay.com)

Selain pelumasan, oli mesin juga berfungsi mencegah terjadinya kebocoran gas di ruang bakar. Pada dasarnya oli memiliki kemampuan melumasi setiap komponen di dalam mesin. Sebagai contoh saat melumasi antara dinding silinder dan piston, salah satu tugas oli mesin di sini adalah menjadi "perapat" antar-keduanya agar tak ada kebocoran gas di ruang atas maupun bawah piston.

3. Mendinginkan mesin

Ilustrasi mesin mobil. (Pexels/Tim Samuel)
Ilustrasi mesin mobil. (Pexels/Tim Samuel)

Suhu panas pada mesin lumrah terjadi manakala komponen di dalam mesin bekerja. Tapi dengan adanya oli mesin di sana yang bertugas mendinginkan, suhu mesin akan tetap ideal.

Baca Juga: Dampak Buruk Mengisi Oli Mesin Mobil Terlalu Sedikit

Namun, jangan berharap kondisi itu terasa ketika Anda telat atau bahkan lupa melakukan penggantian oli. Untuk diketahui, pada kasus tertentu oli mesin juga dapat menguap seiring pemakaian.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait