facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Survei CiGMark: Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil Jadi Pasangan yang Sulit Dikalahkan di Pilpres

Budi Arista Romadhoni | Yaumal Asri Adi Hutasuhut Rabu, 06 Juli 2022 | 08:12 WIB

Survei CiGMark: Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil Jadi Pasangan yang Sulit Dikalahkan di Pilpres
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (Instagram/ @ridwankamil)

Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil bisa mengalahkan pasangan Prabowo Subianto-Anies Baswedan

SuaraJawaTengah.id - Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo masih menjadi calon potensial pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. Ganjar pun sering disimulasikan lembaga survei dengan tokoh lain untuk menjadi pasangan presiden dan wakil presiden.

Terbaru, Ganjar Pranowo dipasangkan dengan Ridwan Kamil, dan simulasi itu disebut-sebut sebagai pasangan capres dan cawapres yang bakal sulit dikalahkan, jika pemilu dilakukan sekarang.

Hasil lembaga survei CiGMark menyebut Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil sebagi kandidat kuat calon wakil presiden (cawapres) yang paling kontributif dalam mendongkrak elektabilitas pasangan calon presiden (capres).

Bahkan, saat disimulasikan berpasangan dengan Ganjar Pranowo, mereka bisa mengalahkan pasangan Prabowo Subianto-Anies Baswedan.

Baca Juga: Anak-anak Muda yang Tergabung Dalam OMG Jabar Beri Dukungan untuk Ganjar

"Dalam simulasi tiga pasangan maupun dua pasangan juga menunjukkan, Ridwan Kamil merupakan sosok cawapres yang paling kontributif dalam mendongkrak elektabilitas pasangan," kata Founder CiGMark Setia Darma dikutip dari Suara.com di Jakarta Pusat pada Selasa (5/6/2022).

Hal itu kata dia dapat dilihat ketika Ridwan Kamil dipasangkan sebagai cawapres dengan capres Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan dihadapkan dengan pasangan capres-cawapres, Prabowo Subianto-Erick Tohir serta Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono, mereka berhasil menang dengan perolehan suara sebesar 38,1 persen.

Sementara perolehan suara Prabowo Subianto-Erick Tohir sebesar 23,3 persen, kemudian disusul Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono 22,1 persen.

Bahkan, ketika Ridwan Kamil disimulasikan berpasangan sebagai cawapres Prabowo Subianto, mereka memperoleh suara 37,7 persen mengalahkan Ganjar Pranowo-Puan Maharani 22,7 persen dan Anies Baswedan-Khofifah Indar Parawangsa 19,6 persen.

"Nilai kontributif sosok Ridwan Kamil juga semakin terlihat pada simulasi 2 pasangan, misalnya ketika disimulasikan Ganjar Pranowo- Ridwan Kamil yang mendapatkan dukungan sebesar 42,7 persen ketika berhadapan dengan Prabowo Subianto - Anies Baswedan yang mendapat dukungan 37,0 persen," katanya.

Baca Juga: Hasil Survei: Popularitas Ridwan Kamil Meroket, Masuk "top of mind" Calon Presiden

Untuk diketahui, survei CiGMark dilaksanakan pada periode 9 Juni 2022 hingga 17 Juni 2022 di seluruh wilayah Indonesia, dengan jumlah responden sebanyak 1200 orang yang dipilih menggunakan metode multistage random sampling.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait