NasDem Deklarasikan Anies Baswedan Jadi Bacapres 2024, Relawan Jari Nusantara: Akan Melapangkan Jalan Ganjar

NasDem sudah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres) di pemilu 2024. Relawan Ganjar Pranowo pun langsung merespon

Budi Arista Romadhoni
Rabu, 05 Oktober 2022 | 13:43 WIB
NasDem Deklarasikan Anies Baswedan Jadi Bacapres 2024, Relawan Jari Nusantara: Akan Melapangkan Jalan Ganjar
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. [Istimewa]

SuaraJawaTengah.id - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sudah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) di pemilu 2024. Relawan Ganjar Pranowo merespon baik keputusan partai besutan Surya Paloh itu.

Ketua Jari Nusantara, salah satu relawan Ganjar Pranowo, Bambang Mugiarto mengaku senang dengan sudah dilakukannya ‎deklarasi pencapresan Anies Baswedan oleh Partai Nasdem. 

"Karena itu akan mempercepat proses capres ini mengkristal. Karena kan, misalnya PDIP antara Puan atau Ganjar, KIB (Koalisi Indonesia Bersatu) bagaimana. Itu kan masih jadi teka-teki, akan kapan (diumumkan), sangat dinamis. Dengan munculnya pencapresan Anies oleh Nasdem secara umum saya melihat progres politiknya lebih baik dan cepat,‎" ujarnya, Rabu (5/10/2022).

Menurut Bambang, sudah diumumkannya nama capres oleh parpol sejak jauh-jauh hari sebelum pemilu 2024 juga bagus untuk kepentingan publik. Masyarakat akan memiliki banyak waktu untuk menimbang-nimbang sebelum memutuskan capres yang akan dipilih.

Baca Juga:Alasan Ketum Nasdem Surya Paloh Usung Anies Baswedan Jadi Capres, Ganjar dan Puan Bukan Terbaik?

‎"Rakyat sebenarnya menginginkan lebih cepat. Jangan sampai, biasanya kan, misalnya PDIP selalu injury time (mengumumkan capres). Itu membuat pemilih tidak bisa meihat dengan terang, visinya bagaimana. Apalagi ancaman krisis kan tinggi, itu butuh sekali pemimpin, presiden yang mumpuni. Kalau mepet, pemiih saya kira nggak punya kesempatan melihat lebih detail kriteria capres yang diinginkan‎," jelasnya.

‎Sebagai salah satu bagian dari relawan Ganjar Pranowo, Bambang juga mengaku senang dengan pencapresan Anies Baswedan. Meski masih harus menunggu koalisi dengan partai lain, kepastian Anies menjadi capres Partai Nasdemi dinilai Bambang akan melapangkan jalan Ganjar Pranowo menjadi capres.

Salah satu alasannya, hasil survei elektabilitas nama-nama berpotensi jadi capres 2024 yang sudah dilakukan beberapa lembaga survei sejauh ini mayoritas menempatkan Gubernur Jawa Tengah itu di posisi teratas.

‎"Berdasarkan survei, salah satu indikator perilaku pemilih, bahwa publik saat ini menghendaki atau menerima tiga sosok, yaitu Ganjar, Anies, dan Prabowo. Dengan Anies sudah muncul, maka mempermudah dan melapangkan jalan politik Ganjar menjadi capres‎. Secara logika politik, di antara tiga sosok itu, Ganjar yang elektabilitasnya tertinggi‎‎," tandasnya.

‎Alasan lainnya, kata Bambang, setiap parpol akan berpijak pada persepsi publik sebelum memutuskan capres yang diusung maupun didukung. Hal ini menurutnya juga akan dilakukan PDIP.

Baca Juga:PSI Deklarasikan Ganjar Pranowo Capres 2024, Pengamat: Jebakan, Cuma Sensasi

"Setiap parpol akan berpijak‎ pada persepsi publik. Pijakannya pasti itu. (Dengan sudah dideklarasikannya Anies sebagai capres), PDIP sendiri akan mempertimbangkan sungguh-sungguh antara dua nama, Puan dan Ganjar‎," kata dia.

News

Terkini

Betapa terkagetnya wanita itu saat melihat mayat terbujur kaku yang tergelatak hingga mengundang kedatangan warga.

News | 11:06 WIB

Dalam berbagai kasus mafia hukum yang terjadi di Indonsesia, Mahfud MD juga menyinggung keberadaan jaksa hingga polisi.

News | 10:18 WIB

Dengan mulai dibangunnya jalur wisata Baturraden-Serang-Belik, daerah wisata di Kabupaten Banyumas-Purbalingga dan Pemalang akan saling terintegrasi.

News | 19:44 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan program Tuku Lemah Oleh Omah terus berjalan. Menurutnya program itu bisa direplikasi dalam situasi kebencanaan

News | 19:24 WIB

Pembebasan lahan menjadi kendala pada pelaksanaan Proyek Tol Semarang-Demak seksi 1. Untuk itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membentuk tim khusus

News | 19:17 WIB

Meskipun mendominasi jalannya laga sejak menit awal, PSIS Semarang harus mengakui keunggulan PSIM

News | 19:06 WIB

DKI berhasil mengalahkan perwakilan tuan rumah Jawa Tengah lewat adu penalti, 5-4.

News | 18:16 WIB

Pesepak bola Pratama Arhan dikabarkan pulang kampung ke tanah kelahirannya di Blora, Jawa Tengah

News | 18:09 WIB

Membahas kesetaraan gender, Cinta Laura Kiehl menyentil soal feminisme di Indonesia

News | 16:07 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memiliki program unik dalam membantu warganya memiliki rumah. Yaitu "Tuku Lemah Oleh Omah"

News | 15:08 WIB

Pengungkapan kasus pembunuhan ASN Pemkot Semarang masih menjadi misteri. Hingga kini, pelaku utama pembunuhan tersebut belum juga terungkap

News | 14:52 WIB

Edukasi keuangan digital menjadi hal yang wajib dipelajari. Apalagi kini pembayaran tunai mulai dialihkan

News | 14:45 WIB

Pegiat media sosial Permadi Arya alias Abu Janda mengecam umat muslim soal dukungan kepada Negara Qatar terhadap LQBT

News | 14:28 WIB

Curah hujan yang tinggi memberikan dampak terhadap pertanian. Hal itu terjadi di Kabupaten Kudus, ratusan hektar lahan pertanian terendam banjir

News | 11:37 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan peningkatan sumberdaya manusia penting didorong. Sehingga tidak ada lagi suara miring tentang keberadaan tenaga kerja asing

News | 11:02 WIB
Tampilkan lebih banyak