Kasus Polisi Menjilat Kue HUT TNI, Kapolda Papua Barat Minta Maaf kepada Pangdam XVIII/Kasuari

Daniel memastikan sanksi tegas menanti kedua anggota tersebut karena dengan sengaja menciderai soliditas antara TNI dan Polri yang sudah terbina dengan baik.

Siswanto
Rabu, 05 Oktober 2022 | 22:36 WIB
Kasus Polisi Menjilat Kue HUT TNI, Kapolda Papua Barat Minta Maaf kepada Pangdam XVIII/Kasuari
Tangkap layar- Kapolda Papua Barat Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga menyampaikan permohonan maaf kepada Pangdam Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema di markas Kodam Kasuari di Manokwari, Rabu (5/10/2022) petang. (ANTARA/HANS ARNOLD KAPISA)

SuaraJawaTengah.id - Kapolda Papua Barat Inspektur Jenderal Daniel Tahi Monang Silitonga menyampaikan permohonan maaf secara terbuka kepada Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema  atas tindakan dua anggota Polda Papua Barat yang menjilat kue ulang tahun TNI.

"Selaku pimpinan Polda Papua Barat, saya menyampaikan permohonan maaf dan bertanggung jawab atas tindakan dua oknum anggota yang melakukan perbuatan tidak menyenangkan terhadap institusi TNI," ujar Daniel di Manokwari, Rabu malam.

Daniel memastikan sanksi tegas menanti kedua anggota tersebut karena dengan sengaja menciderai soliditas antara TNI dan Polri yang sudah terbina dengan baik.

"Kedua oknum anggota sudah ditahan dan sedang diproses oleh Propam Polda Papua Barat. Semoga soliditas dan sinergitas kita (TNI-Polri) tidak berkurang karena ulah dua oknum anggota tersebut," kata Daniel.

Daniel berkomitmen melakukan koreksi dan perbaikan internal, sehingga tidak ada lagi kejadian serupa di kemudian hari yang dapat merusak citra institusi Polri.

Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema menyatakan jajaran Kodam Kasuari menerima permohonan maaf dari Kapolda Papua Barat.

"Kami menerima permohonan maaf ini, karena lebih mengutamakan sinergitas dan kekompakan yang sudah terawat selama ini dengan Polda Papua Barat," kata Gabriel.

Ia mengatakan tantangan tugas ke depan masih banyak, sehingga ia berharap kepada seluruh anggota Kodam Kasuari agar lebih bijak melihat hal tersebut.

"Karena perbuatan dua oknum sudah menjadi perhatian Kapolda Papua Barat, kami serahkan sepenuhnya kepada internal institusi Polri untuk memproses kedua oknum tersebut," kata Gabriel.

Gabriel juga mengarahkan seluruh prajurit jajaran Kodam Kasuari bersama prajurit TNI AL dan TNI Udara di Papua Barat agar tetap kompak bersama Polda Papua Barat.

"Bersama kita tetap kompak, jaga soliditas untuk melakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara terlebih kepada masyarakat Papua Barat," ujar Pangdam Kasuari.

Dalam sebuah video yang beredar di publik dua anggota Direktorat Lalulintas Polda Papua Barat terlihat menjilat kue ulang tahun yang hendak diantar dari Polda Papua Barat ke Kodam Kasuari pada puncak HUT ke-77 TNI.

Baca Juga:Dirlantas Polda Papua Barat Langsung Minta Maaf Gegara Anggotanya Jilat Kue HUT TNI

Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Adam Erwindi menyatakan bahwa kue tersebut sudah diamankan sebagai barang bukti untuk memproses kedua oknum anggota yang kini telah mendekam di sel Propam Polda Papua Barat.

"Dapat kami pastikan, bahwa kue tersebut tidak diserahkan kepada rekan-rekan di Kodam Kasuari dan sudah diamankan sebagai barang bukti," kata Adam Erwindi. [Antara]

News

Terkini

Betapa terkagetnya wanita itu saat melihat mayat terbujur kaku yang tergelatak hingga mengundang kedatangan warga.

News | 11:06 WIB

Dalam berbagai kasus mafia hukum yang terjadi di Indonsesia, Mahfud MD juga menyinggung keberadaan jaksa hingga polisi.

News | 10:18 WIB

Dengan mulai dibangunnya jalur wisata Baturraden-Serang-Belik, daerah wisata di Kabupaten Banyumas-Purbalingga dan Pemalang akan saling terintegrasi.

News | 19:44 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan program Tuku Lemah Oleh Omah terus berjalan. Menurutnya program itu bisa direplikasi dalam situasi kebencanaan

News | 19:24 WIB

Pembebasan lahan menjadi kendala pada pelaksanaan Proyek Tol Semarang-Demak seksi 1. Untuk itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membentuk tim khusus

News | 19:17 WIB

Meskipun mendominasi jalannya laga sejak menit awal, PSIS Semarang harus mengakui keunggulan PSIM

News | 19:06 WIB

DKI berhasil mengalahkan perwakilan tuan rumah Jawa Tengah lewat adu penalti, 5-4.

News | 18:16 WIB

Pesepak bola Pratama Arhan dikabarkan pulang kampung ke tanah kelahirannya di Blora, Jawa Tengah

News | 18:09 WIB

Membahas kesetaraan gender, Cinta Laura Kiehl menyentil soal feminisme di Indonesia

News | 16:07 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memiliki program unik dalam membantu warganya memiliki rumah. Yaitu "Tuku Lemah Oleh Omah"

News | 15:08 WIB

Pengungkapan kasus pembunuhan ASN Pemkot Semarang masih menjadi misteri. Hingga kini, pelaku utama pembunuhan tersebut belum juga terungkap

News | 14:52 WIB

Edukasi keuangan digital menjadi hal yang wajib dipelajari. Apalagi kini pembayaran tunai mulai dialihkan

News | 14:45 WIB

Pegiat media sosial Permadi Arya alias Abu Janda mengecam umat muslim soal dukungan kepada Negara Qatar terhadap LQBT

News | 14:28 WIB

Curah hujan yang tinggi memberikan dampak terhadap pertanian. Hal itu terjadi di Kabupaten Kudus, ratusan hektar lahan pertanian terendam banjir

News | 11:37 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan peningkatan sumberdaya manusia penting didorong. Sehingga tidak ada lagi suara miring tentang keberadaan tenaga kerja asing

News | 11:02 WIB
Tampilkan lebih banyak