Budi Arista Romadhoni
Ilustrasi kalender (Shutterstock).

SuaraJawaTengah.id - Tanggal gajian kurang beberapa hari lagi, namun isi kantong mulai menipis, itulah yang disebut 'balada tanggal tua'. Pasti ada beberapa penyesuaian saat tanggal tua tiba untuk bisa bertahan hidup hingga tanggal muda atau gajian tiba.

Salah satunya lebih sering makan mie instan karena kantong kosong glondangan. Segala cara dilakukan untuk bisa bertahan hidup di tanggal tua.

Ilustrasi mie instan (Pixabay/digitalphotolinds)

Memang, tanggal tua selalu identik dengan keluhan dompet kosong, kasbon, sampai pengiritan ekstrem. Bahkan ada lho yang sehari cuma makan sekali demi bertahan hidup. Cara-cara itu memang tampaknya mujarab, tapi efek sampingnya bisa membahayakan.

Makan mi instan terus-terusan jelas berbahaya karena banyak kandungan kimianya. Makan sehari sekali, bisa-bisa tubuh loyo dua hari.

Baca Juga: Ingin Bertahan Hidup, Itulah Alasan Pengungsi Ada di Indonesia

Simak sejumlah tips bertahan hidup di tanggal tua yang aman buat jiwa dan raga, mungkin bisa dicoba:

1. Kurangi jajan

Ilustrasi jajanan pasar atau jajanan tradisional (Unsplash @fikrirasyid)

Kita punya kebiasaan sering gak sadar keluar duit sedikit tapi sering: jajan. Pagi beli kopi sachet, rokok, plus gorengan padahal sudah sarapan. Siang beli es cendol karena berasa panas. Sore beli gorengan lagi. Malamnya beli camilan.

Stop kebiasaan ini menjelang tanggal tua. Pas ngeluarin sih gak terasa, pas udah tanggal tua baru tepok jidat.

2. Masak sendiri

Baca Juga: Bertahan Hidup Ala Guru Honorer Bergaji Rp200 Ribu, Netizen Serasa Ditampar

Ilustrasi masak bersama keluarga (adobestock)

Masak makanan sendiri jelas lebih sehat dan hemat. Bahan makanan bisa kita cek sendiri kualitasnya, apa ada yang busuk atau masih segar. Minyak yang dipakai pun bisa kita pastikan kesegarannya, bukan yang sudah menghitam.

Komentar