Caleg Partai Berkarya Lakukan Ritual Klenik depan Kantor KPU

Reza Gunadha
Caleg Partai Berkarya Lakukan Ritual Klenik depan Kantor KPU
Calon anggota DPRD Wonogiri dapil V dari Partai Berkarya, Sariman, menyiramkan air kendi saat menggelar ritual di depan Kantor KPU Wonogiri, Senin (22/4/2019). [Solopos/Rudi Hartono]

Pada salah satu bagian ritual, Sariman berjalan di jalan depan Kantor KPU sambil menyebar beras.

Suara.com - Caleg Partai Berkarya untuk DPRD Wonogiri bernama Sariman, menggelar aksi sekaligus ritual klenik di depan kantor KPU setempat, Senin (22/4/2019).

Sariman melakukan semua aksi tersebut untuk memprotes salah pasang foto dirinya dalam kertas suara pada Pemilu 2019.

Aksi Sariman berbeda dari demonstrasi lainnya yang diikuti oleh banyak orang. Sariman hanya beraksi bersama belasan orang relawannya.

Sariman lantas menemui Ketua KPU Wonogiri, Toto Sih Setyo Adi. Pertemuan berlangsung lebih kurang 30 menit.

Setelah itu, Ketua KPU meminta tim sukarelawan meminum jamu tradisional yang sudah disiapkan di depan ruang kerjanya.

Satu per satu sukarelawan meminum jamu dan berfoto bersama. Seusai meminum jamu, Sariman langsung keluar kantor bersama rombongan membawa plastik hitam tanpa menghiraukan wartawan yang menunggunya di lobi.

Ternyata, Sariman ternyata hendak menggelar ritual klenik di depan Kantor KPU. Dalam ritual itu Sariman menggunakan kembang setaman, membakar kemenyan, dan membawa kendi berisi air.

Aksi Sariman itu menyita perhatian petugas pengamanan, wartawan, dan petugas KPU. Bahkan, petugas KPU yang sebelumnya beraktivitas di dalam kantor turut menyaksikan ritual itu.

Pada salah satu bagian ritual, Sariman berjalan di jalan depan Kantor KPU sambil menyebar beras.

Setelah itu dia menyiramkan air kendi ke tubuhnya. Kemudian salah satu sukarelawan menggelar sajadah dan salat. Setelah menyelesaikan ritual, Sariman bersama sukarelawannya pergi menggunakan dua mobil.

“Intinya Pak Sariman menyampaikan aspirasi bahwa KPU harus bekerja lebih baik. Saat diskusi Pak Sariman sudah meminta izin melakukan ritual. Saya mengizinkannya selama tidak mengganggu ketertiban,” kata Toto seperti diberitakan Solopos.com—jaringan Suara.com, Selasa (23/4/2019).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS