Tempat Sampah Buatan Siswa SMK di Cilacap Ini Dilirik Perusahaan

Chandra Iswinarno
Tempat Sampah Buatan Siswa SMK di Cilacap Ini Dilirik Perusahaan
Sejumlah siswa SMK Fatahillah Cipari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah memproses pembuatan tempat sampah pintar di ruang unit produksi sekolah. [Suara.com/ Teguh Lumbiria]

Tempat sampah yang terbeli sudah mencapai 27 unit. Sebanyak 21 unit terjual ke daerah Jawa Barat dan sisanya di tingkat lokal.

Suara.com - Tempat sampah pintar buatan siswa SMK Fatahillah Cipari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah diminati sejumlah pihak, baik perorangan sampai perusahaan. Beberapa di antaranya, bahkan sudah membeli.

Menurut Wakil Kepala SMK Fatahillah Cipari, Sudaryono, tempat sampah yang terbeli sudah mencapai 27 unit. Sebanyak 21 unit terjual ke daerah Jawa Barat dan sisanya di tingkat lokal.

"Yang di Jawa Barat itu daerah Cikarang. Pembelinya sejumlah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi elektronik dan spare part kendaraan. Kami ada koneksi ke sana, karena dalam sejumlah kesempatan menjalin kerjasama dalam penempatan siswa kami yang praktik lapangan," kata Sudaryono, Sabtu (27/4/2019).

Sedangkan untuk pembeli lokal, umumnya merupakan perorangan. Lantaran ada sejumlah warga yang tertarik, kemudian membelinya.

Tak berhenti sampai di situ, para pelajar di sekolah tersebut juga tengah memproduksi sejumlah unit lagi. Pembuatan itu untuk memenuhi pesanan dari peminat baru.

"Ada sekitar 20 unit yang masih dibuat anak-anak, untuk memenuhi pesanan lagi. Memang untuk sistem produksi kami saat ini, menyesuaikan dengan pesanan," kata dia.

Lantas, berapa harga jual setiap unit sampah pintar nan memanjakan itu? Sudaryono menuturkan, harga jualnya berkisar Rp 300 ribu per unit.

"Hasil penjualan itu, secara umum bisa menutup biaya produksi. Keuntungannya kemudian dibagi, ada yang untuk uang saku anak-anak, dan tentunya ada untuk biaya operasional," kata dia.

Diketahui, tempat sampah pintar ini menjadi buah karya Unit Produksi Hero Teknik SMK Fatahillah Cipari. Tempat sampah ini memiliki pintu otomatis yang memanfaatkan sensor dengan tenaga listrik.

Penutup akan membuka secara otomatis, ketika ada yang hendak membuang sampah. Pintu akan kembali menutup, ketika memastikan aktivitas pembuangan sampah berakhir.

Kontributor : Teguh Lumbiria

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS