Joko Widodo Keok di Kandang Banteng

Chandra Iswinarno
Joko Widodo Keok di Kandang Banteng
Caleg PKS Dapil Jateng 2 nomor urut 1, Joko Widodo. [Dokumentasi]

Joko Widodo kalah perolehan suara dari koleganya yakni Ida Nurul Farida, caleg PKS Dapil Jateng 2 nomor urut 4.

Suara.com - Joko Widodo mengakui jika suaranya kalah dengan pesaingnya di Pemilu 2019 kemarin. Dia juga mengaku legowo (ikhlas) menerima kenyataan kekalahan suara tersebut.

Bahkan secara pribadi dia mengucapkan terimakasih atas dukungan masyarakat di Dapil Jateng 2 yang dengan ikhlas memberikan suara pilihan kepadanya. Pesan itu dia sampaikan secara viral melalui pesan WhatsApp.

Joko Widodo yang dimaksud tentunya bukanlah Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi, melainkan Joko Widodo calon legislatif dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dia kalah perolehan suara dari celeg kolega partainya.

"Ya saya mengakui kekalahan saya, dan saya legowo menerima kenyataan kekalahan suara," kata Joko Widodo, saat dikonfirmasi Suara.com, Selasa (7/5/2019).

Joko Widodo kalah perolehan suara dari koleganya yakni Ida Nurul Farida, caleg PKS Dapil Jateng 2 nomor urut 4. Joko Widodo sendiri berada pada nomor urut 1 dalam kertas suara DPRD Provinsi Dapil Jateng 2.

"Bu Ida mungkin karena beliau istri dari Wakil Walikota Salatiga, jadi dia lebih terkenal dan masyarakat juga tahu kinerjanya selama ini," ucap Joko Widodo.

Kekalahan tersebut menjadikan PKS hanya mampu memperoleh satu kursi di DPRD Jateng, untuk Dapil 2 Jateng yang meliputi Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, dan Kota Salatiga.

"Target kita memang mengamankan satu kursi di Dapil Jateng 2 untuk DPRD Provinsi. Alhamdulilah terkabul, meski bukan saya yang melenggang," tuturnya.

Selain ikhlas menerima kekalahan, Joko Widodo  juga mendoakan kepada semua caleg dari PKS yang telah dipercaya mendapat amanah dari rakyat untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat.

"Mohon bisa memperjuangkan semua pemilih PKS di Dapil 2, mendengarkan aspirasinya dan memperjuankannya di DPRD Jateng," tukasnya.

Nama Joko Widodo sebelumnya sempat viral dan heboh saat terdaftar dan tercatat namanya pada daftar calon tetap (DCT) Caleg DPRD Provinsi. Lantaran menyamai nama Presiden RI, Joko Widodo atau Jokowi.

Namun diluar dugaan, digadang viralnya nama Joko Widodo yang menyamai nama Presiden RI itu malam tak mampu mendongkrak perolehan suaranya di Pemilu 2019 kemarin.

Joko Widodo rupanya bukan kali pertama dia merambah pesta demokrasi. Sebagai kader PKS tulen dia pernah maju di Pileg 2014 untuk Dapil Kalimantan Tengah DPR RI tapi gagal.

Kontributor : Adam Iyasa

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS