Himne Keraton Sejagat Sempat Dinyanyikan Totok dan Pengikut di Candi Arjuna

Agung Sandy Lesmana
Himne Keraton Sejagat Sempat Dinyanyikan Totok dan Pengikut di Candi Arjuna
Totok Santosa dan Fanni Aminadia memakai baju tahanan (istimewa)

"Acaranya biasa sih, doa-doa gitu, terus pengukuhan, ada nyanyian himnenya juga isinya bagus," kata dia.

Suara.com - Totok Santoso Hadiningrat alias Sinuhun kini harus meringkuk di penjara pasca mengaku-ngaku sebagai Raja Keraton Agung Sejagat yang didirikan di Desa Pogung Jurutengah, Bayan, Purworejo, Jawa Tengah.

Totok dan wanita bernama Fanni Aminadia yang diklaim sebagai Kanjeng Ratu Dyah Gitaraja diciduk Polda Jateng karena terlibat penipuan dengan kedok mendirikan Keraton Agung Sejagat.

Setelah kasus penipuan ini terungkap, fakta-fakta baru terkait keberadaan kerajaan yang dipimpin Totok dan Fanni mulai bermunculan.

Kepala UPTD Objek Wisata Dieng Dinas Pariwisata Banjarnegara Aryadi Darwanto menyampaikan, Totok bersama pengikutnya sempat menggelar acara pengukuhan di Kompleks Candi Arjuna Dieng pada 2019 lalu.

"Pesertanya ada yang dari Klaten, Yogyakarta, dan Purworejo. Warga lokal sepertinya tidak ada," kata Aryadi, Rabu (15/1/2020).

Aryadi mengatakan, mereka mengawali prosesi itu dengan ritual pengambilan air suci di Tuk Bimalukar, Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo. Acara berlanjut kirab menuju Candi Arjuna Dieng dengan diiringi alunan musik.

Warga setempat turut menyaksikan kegiatan yang meriah itu.

Aryadi mengatakan, acara itu juga untuk memperingati masa kejayaan dinasti Sanjaya seribuan tahun silam. Mereka meyakini, masa keemasan itu akan diraih kembali.

Dalam acara pengukuhan itu, kata Aryadi, Totok dan pengikutnya menembangkan himne yang mereka ciptakan sendiri.

"Acaranya biasa sih, doa-doa gitu, terus pengukuhan, ada nyanyian himnenya juga isinya bagus," kata dia.

Aryadi mengatakan, acara itu digelar sehabis magrib sampai sekitar pukul 02.00 Wib dini hari.  Aryadi mengaku sempat menyaksikan acara itu namun tak sampai selesai karena tak kuat dengan cuaca dingin di kawasan Dieng saat tengah malam.

"Saya juga heran mereka bisa kuat, itu pas turun salju," katanya.

Kotributor: Khoirul

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS