Ibunda Jokowi Meninggal karena Kanker Tenggorokan

Pebriansyah Ariefana | Ummi Hadyah Saleh
Ibunda Jokowi Meninggal karena Kanker Tenggorokan
Sudjiatmi Notomihardjo dan Ustaz Yusuf Mansur. (Instagram)

Bukan karena corona.

SuaraJawaTengah.id - Ibunda Jokowi meninggal karena kanker tenggorokan. Ibunda Presiden Joko Widodo Sujiatmi Notomiharjo meninggal di Rumah Sakit TNI Tingkat III Slamet Riyadi, Surakarta, pada Rabu (25/3/2020) pukul 16.45 WIB.

Staf Khusus Presiden Dini Shanti Purwono mengatakan Ibunda Presiden Jokowi sudah menderita sakit kanker sejak lama.

"Benar. Beliau (Ibunda Jokowi) sudah lama sakit kanker tenggorokan," ujar Dini saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (25/3/2020).

Saat ini jenazah Sujiatmi Notomiharjo sudah berada di rumah duka Jalan Pleret Raya No.9 A Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Surakarta, Rabu (25/3/2020).

Sudjiatmi meninggal di usia 77 tahun. Ia meninggal di RS TNI Slamet Riyadi Surakarta.

Dibawa ke rumah duka

Presiden Jokowi tiba di RS DKT Solo, Rabu (25/3/2020), pukul 18.15 WIB, untuk melayat sang bunda, Sudjiatmi Notomiharjo, yang wafat.

Jokowi tiba menumpang mobil Toyota Alphard berpelat AB 1224 ZA dan langsung menuju ke rumah sakit yang dijaga ketat aparat TNI dan Polri.

Mobil Presiden Jokowi tiba tanpa ada suara sirene. Dia berada di dalam rumah sakit sekitar 15 menit, sebelum akhirnya ikut mengantar jenazah ibunya keluar IGD ke ambulans untuk dibawa ke rumah duka.

Ambulans yang membawa jenazah Sudjiatmi Notomiharjo meninggalkan RS DKT Solo sekitar pukul 18.30 WIB.

Sementara Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, tampak hadir di RS DKT Solo sebelum Presiden Jokowi tiba.

Sebelumnya diberitakan, berdasarkan keterangan resmi dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Ibunda Jokowi meninggal dunia pada pukul 16.45 WIB. Presiden Jokowi saat ini juga sudah tiba di Solo pukul 17.52 WIB.

"Innalillahi wa innaillaihi rojiun, telah berpulang ke rahmatullah Ibu Hj. Sujiatmi Notomiharjo, Ibunda Bapak Presiden Joko Widodo di Solo, Rabu, 25 Maret 2020 pada pukul 16.45 WIB. Saat ini Presiden Jokowi telah tiba di Solo pada pukul 17.52 WIB. Informasi lebih lanjut terkait wafatnya Ibunda Presiden akan disampaikan kemudian," tulis keterangan Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Rabu (25/3/2020).

Hal yang sama juga dikatakan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Donny Gahral.

Donny mengatakan Jokowi langsung terbang ke Solo setelah mendapat kabar wafatnya ibunda.

"Presiden sudah berangkat ke Solo. Nanti dokter akan konferensi pers di Solo untuk lebih jelasnya," kata Donny.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS