Sedang Bongkar Muat BBM di SPBU Kunden, Truk Tangki Pertamina Terbakar

Chandra Iswinarno
Sedang Bongkar Muat BBM di SPBU Kunden, Truk Tangki Pertamina Terbakar
Ilustrasi truk tangki BBM terbakar.

Akibat kebakaran truk tangki BBM Pertamina tersebut, sopir truk alami luka bakar dan dilarikan ke rumah sakit.

SuaraJawaTengah.id - Satu truk tangki BBM Pertamina yang sedang melakukan pengisian pertalite di penampungan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kunden, Kabupaten Grobogan hangus terbakar pada Sabtu (23/5/2020) siang.

Akibat kebakaran truk tangki BBM Pertamina tersebut, sopir truk alami luka bakar dan dilarikan ke rumah sakit.

“Sopir mobil tangki BBM Sri Raharjo, 43, warga Desa Dlimas, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten mengalami luka bakar di bagian lengan dan kaki. Saat ini menjalani perawatan di RS Panti Rahayu (Yakkum) Purwodadi,” kata Kasat Reskrim Polres Grobogan AKP Andi Mohammad Akbar Mekuo kepada Solopos.com-jaringan Suara.com pada Sabtu (23/5/2020).

Andi mengemukakan, peristiwa kebakaran tersebut bermula saat truk pengangkut BBM PT Pertamina itu melakukan pengisian di SPBU Kunden. Ketika dalam proses pengisian, Sri Raharjo meminta kernetnya mengambilkan deepstick. Alat tersebut diketahui untuk ukur untuk mengetahui ketinggian BBM di tangki mobil pengangkut BBM dan penampungan tanam di SPBU.

Setelah menyerahkan tongkat ukur tersebut, Sri mengangkat tongkat ukur untuk melakukan pengukurn ke dalam tangki BBM SPBU. Tanpa diduga, ketika mengangkat tongkat ukur tersebut Sri tidak melihat, jika di bagian atas ada kabel listrik.

Akibatnya, ketika tongkat ukur tersebut menyentuh kabel listrik terjadi percikan api dan menyambar BBM di dalam tangki.

“Korban terpental dan mengalami luka bakar pada bagian lengan dan kakinya. Sedang percikan api mengenai tangki mobil dan terbakar,” jelasnya.

Petugas SPBU Kunden pun sempat berusaha memadamkan kebakaran truk BBM itu dengan alat pemadam api ringan (APR). Sedangkan, petugas SPBU lainnya melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Wirosari dan Damkar Pos Wirosari.

Petugas pemadam kebakaran dan anggota Polsek Wirosari akhirnya berhasil memadamkan api yang membakar tangki itu. Kapolres Grobogan AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho dan tim Inafis Polres Grobogan langsung mendatangi lokasi kejadian.

Sementara itu, PT Pertamina dalam pernyataan tertulisnya mengakui kebakaran truk BBM di SPBU 44.581.05 Kunden, Wirosari, Grobogan, Sabtu. Api telah dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran dan pihak Pertamina.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut dan aparat setempat bersama Pertamina masih menginvestigasi penyebab terjadinya kebakaran. Akibat kejadian tersebut, penyaluran BBM di SPBU 44.581.05 dihentikan sementara operasionalnya.

Truk tangki berkapasitas 32 KL yang terbakar ini rencananya juga akan menyalurkan BBM di SPBU 44.581.05 dan 44.592.06 Kecamatan Toroh, Grobogan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS