Bermodal Imajinasi, Teguh Menyulap Limbah Kayu Jadi Sepeda Chopper

Chandra Iswinarno
Bermodal Imajinasi, Teguh Menyulap Limbah Kayu Jadi Sepeda Chopper
Teguh Rahayu dan sepeda kayu hasil buatannya yang dibanderol dengan harga terjangkau. [Suara.com/Rara Puspita]

Sudah setahun terakhir, Teguh mengotak-atik limbah kayu menjadi sepeda kayu dengan meniru desain motor chopper Harley-Davidson, caffe racer hingga sepeda mini.

SuaraJawaTengah.id - Tren bersepeda di masa Pandemi Covid-19 sedang menjalar di seluruh wilayah Indonesia. Berbagai jenis kereta angin pun kini laris manis diburu warga yang ingin sekedar menyalurkan hobi atau hidup sehat. Mulai dari sepeda lipat, ontel, MTB, fixie hingga minion yang kini diburu penghobi.

Namun di Sukoharjo, seorang warganya berinovasi dengan membuat sepeda dari bahan limbah kayu. Adalah Teguh Rahayu (49) yang menjadi perajin sepeda kayu berbahan limbah kayu jati dan kayu mahoni.

Sudah setahun terakhir, Teguh mengotak-atik limbah kayu menjadi sepeda kayu dengan meniru desain motor chopper Harley-Davidson, caffe racer hingga sepeda mini.

”Sepeda yang pertama saya buat yang mirip Harley itu,” ucap Teguh saat ditemui di rumahnya yang ada di dukuh Grogolan RT 2 RW 5, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (8/7/2020).

Desain chopper Harley-Davidson merupakan desain pertamanya. Saat itu Teguh hanya terpikir untuk membuat sepeda ini begitu saja. Tanpa ada sketsa dan rancangan mendetail, dia membuat sepeda ini yang nyaris menyerupai motor chopper ini.

”Saya nggak punya sketsa desainnya. Ya hanya dibayangkan begitu saja, bahkan saya nggak melihat-lihat desain di internet atau dimana,”ucapnya.

Untuk membuat sepeda dari kayu ini, tantangan utama yang dihadapinya saat membuat roda. Sebab roda yang berbentuk lingkaran membutuhkan ketelitian dan presisi yang benar. Apalagi untuk memasang tiap jerujinya.

”Untuk membuat roda ini paling lama, satu roda bisa sampai lima hari hanya untuk membuat presisi yang sangat pas,” ucapnya.

Saat ini sudah ada tiga sepeda yang dibuatnya. Tiap unitnya memakan waktu hingga satu bulan penuh hingga selesai dibuat. Rencananya Teguh akan membuat satu lagi dengan desain sepeda kerbau.

”Kalau yang sepeda kerbau baru saya buat. Ini masih proses pengerjaan,” ucapnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS