Baru Jadi Calon Wali Kota Solo, Paspampres Pengawal Gibran Ditambah

Pebriansyah Ariefana
Baru Jadi Calon Wali Kota Solo, Paspampres Pengawal Gibran Ditambah
Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa. (Solopos)

Mengikuti kegiatan blusukan Gibran Rakabuming di kampung-kampung beberapa bulan terakhir

SuaraJawaTengah.id - Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres yang mengawal Gibran Rakabuming Raka sebagai anak presiden Jokowi ditambah. Gibran baru saja menjadi calon wali kota atau cawali Solo dari PDI Perjuangan, belum resmi sampai KPUD.

Seluruh keluarga Presiden Jokowi mendapatkan pengamanan yang sama dari paspampres. Sekarang setelah Gibran resmi mengantongi rekomendasi sebagai bakal cawali dari PDIP, pengawalan paspampres untuk Gibran tampak ada peningkatan.

Pengamatan Solopos.com selama mengikuti kegiatan blusukan Gibran Rakabuming di kampung-kampung beberapa bulan terakhir, ada dua personel Paspampres yang melekat mendampingi ayah dari Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah tersebut.

Para pengawal itu selalu berada di dekat Gibran yang mendaftar sebagai cawali Pilkada Solo melalui DPD PDIP Jateng itu. Mereka sembari mengawasi orang-orang yang mendekati pengusaha kuliner tersebut.

Sesuai protokoler, ada batasan-batasan yang tak boleh dilanggar oleh warga ketika berdekatan dengan keluarga dari Presiden Republik Indonesia (RI).

Hal itu terkait standar operasional prosedur (SOP) pengawalan oleh Paspampres yang diatur di Peraturan Pemerintah No 59/2013. Ketika ada warga yang dinilai sudah melampaui batas, Paspampres akan mengingatkan yang bersangkutan.

Setelah mengamankan rekomendasi sebagai cawali Pilkada Solo dari PDIP, tampaknya ada tambahan personel Paspampres pengawal Gibran. Hal itu terlihat ketika Gibran menghadiri rapat konsolidasi partai di Sekretariat DPC PDIP Solo.

Pada rapat yang digelar Minggu (19/7/2020) sore itu ada dua personel baru Paspampres yang berjaga di dekat pintu masuk Sekretariat DPC PDIP Solo. Sedangkan dua personel Paspampres yang biasa mengawal Gibran berjaga di pintu lain sekretariat.

Dua Paspampres lama relatif sudah familier dengan awak media Solo yang selama ini mengikuti kegiatan Gibran. Setiap kali bertemu wartawan mereka dengan ramah melempar senyum atau sekadar menyapa.

Seperti ketika Solopos.com melewati mereka saat hendak menuju toilet Kantor DPC PDIP Solo yang terletak di bagian dalam. Dua Paspampres pengawal Gibran yang menjadi cawali untuk kali pertama di Pilkada Solo 2020 itu menyapa dengan ramah.

Belum ada konfirmasi dari Gibran maupun timnya terkait tambahan pengamanan untuk putra Presiden Jokowi itu. Sebagaimana diinformasikan, Gibran dan pengurus DPC PDIP Solo, Teguh Prakosa, mendapat rekomendasi dari DPP PDIP sebagai cawali dan cawawali Pilkada Solo 2020.

Rekomendasi diumumkan pada Jumat (17/7/2020) lalu melalui aplikasi Zoom yang disaksikan bersama di Panti Marhaen Semarang. Selain Solo, di Soloraya ada calon peserta Pilkada Sukoharjo yang juga mendapat rekomendasi dari DPP PDIP hari itu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS