Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Hilangkan Karat di Knalpot Motor, Bisa Pakai Lemon

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan Rabu, 23 September 2020 | 11:20 WIB

Cara Hilangkan Karat di Knalpot Motor, Bisa Pakai Lemon
Ilustrasi buah lemon (Shutterstock).

Ada lima tips seru untuk dipraktekkan pada knalpot yang berkarat.

SuaraJawaTengah.id - Selalu aktif menyaring dan melepaskan gas buang dari ruang bakar kendaraan, knalpot motor bisa saja berkarat. Secara estetika, jelas membuat tampilan sepeda motor jadi kurang enak dipandang. Terlebih bisa membuat performa motor mengalami penurunan.

Sebenarnya mayoritas motor telah dilengkapi knalpot yang dilapisi cat yang tahan temperatur tinggi. Akan tetapi seiring berjalannya waktu dan pemakaian, tak sedikit muncul karat di bagian saluran gas buang ini.

Apalagi saat terjadi perubahan suhu yang cepat. Semisal digunakan saat hujan dan motor tidak segera dicuci sesudahnya. Korosi bisa terjadi di leher knalpot.

Mengutip laman Deltalube, ada lima cara membersihkan karat dari knalpot sepeda motor.

Berikut adalah lima alternatif membersihkan karat di knalpot sepeda motor:

Bagian dari knalpot muffler termasuk muffler. Kini aturannya merujuk kepada Euro 5. Sebagai ilustrasi [Shutterstock.
Bagian dari knalpot muffler termasuk muffler. Kini aturannya merujuk kepada Euro 5. Sebagai ilustrasi [Shutterstock.
  1. Gunakan cairan pembersih karat yang bisa didapat di toko aksesori dan perlengkapan kendaraan. Cairan ini efektif menghilangkan karat dengan cara mengoleskan atau menyemprotkan ke area karat yang dilanjutkan dengan menggunakan ampelas hingga karat hilang.
  2. Cairan pembersih keramik juga bisa digunakan. Caranya dengan mengoleskan cairan pembersih pada area knalpot yang berkarat. Selanjutnya, gunakan kain lap untuk membersihkannya. Lakukan beberapa kali hingga karat benar-benar hilang dari permukaan pipa knKnalpot
  3. Karat juga bisa dihilangkan dengan menggunakan baking soda. Caranya, mencampur baking soda dengan air perasan jeruk. Lalu cairan campuran itu dioleskan ke area berkarat dan diamkan beberapa menit. Setelah karat tampak mulai terangkat, gunakan kain lap untuk membersihkannya.
  4. Gunakan oli bekas untuk menghilangkan karat di knalpot. Tanpa perlu melepas bagian ujung peranti ini, nyalakan mesin untuk memanaskan motor. Matikan mesin dan oleskan oli bekas di area knalpot yang berkarat menggunakan kuas. Setelah beberapa saat akan terlihat karat mulai rontok. Bersihkan dengan kain lap.
  5. Penggunaan grease atau gemuk lumas juga sering dilakukan. Secara fungsi, selain melumasi grease juga dapat melindungi komponen dari karat. Cara penggunaannya dengan menyalakan mesin untuk memanaskan knalpot. Setelah mematikan mesin, oleskan gemuk lumas di area knalpot yang berkarat. Tunggu beberapa saat, grease akan merontokkan karat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait